nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Gejala Buruk yang Timbul Jika Anda Kekurangan Vitamin B12

Noor Chotijah , Jurnalis · Senin 19 November 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 19 481 1979939 ini-gejala-buruk-yang-timbul-jika-anda-kekurangan-vitamin-b12-gB39ZCUmxr.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SUDAH cukupkah kandungan vitamin di dalam tubuh Anda untuk saat ini? Gejala neuropati perifer adalah penyebab kekurangan banyaknya vitamin yang sangat penting untuk kebutuhan di dalam tubuh.

Vitamin B12 harus diterapkan pada setiap makanan yang Anda konsumsi. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya memiliki fungsi baik untuk sel saraf, pembentukan sel darah merah, dan pembentukan DNA.

Kurangnya sel darah merah menyebabkan jaringan hingga organ di dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, hal ini dapat memicu gejala anemia. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah jantung dan paru-paru.

 (Baca Juga:Terapkan 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur Lho!)

Saat ini Anda harus mengetahui gejala apa saja yang mengakibatkan kekurangan vitamin B12 di dalam tubuh. Berikut beberapa gejala yang dilansir dari Express, Senin (19/11/2018).

 

1. Penyakit kuning

Menurut sebuah penelitian yang berjudul ‘Megaloblastic Anemias: Nutritional and Other Causes’, penyakit kuning terjadi ketika kurangnya B12 yang menghambat masalah produksi sel darah merah dalam tubuh. Ciri-ciri orang dengan kekurangan vitamin B12 dapat terlihat pucat atau memiliki sedikit warna kuning pada kulit tubuhnya dan bagian bola mata putih.

Jika sel darah sudah mulai rapuh akan menghasilkan kelebihan bilirubin. Bilirubin adalah pigmen berwarna kuning kecoklatan yang ditemukan dalam empedu, darah dan tinja.

2. Mata sering berkedut

Menurut sebuah penelitian di Neurology India, mata yang sering mengalami kedutan berlebih dari usia anak-anak hal ini terkait dengan kekurangan vitamin B12. Adanya kandungan magnesium yang berperan penting dalam fungsi sel, jaringan dan organ di seluruh tubuh, sehingga spasme kelopak mata juga dapat dikaitkan dengan kekurangan magnesium.

 (Baca Juga:Resep Bakso Iga dan Kuahnya yang Lezat Bikin Makan Jadi Lahap)


3. Penglihatan kabur

Penglihatan kabur dapat terjadi ketika kekurangan B12 yang tidak diobati menyebabkan kerusakan sistem pada saraf optik yang mengarah ke bagian mata Anda. Kerusakan ini dapat memperparah bagian sinyal saraf yang bergerak dari mata ke otak, sehingga mengganggu penglihatan.

Untuk meningkatkan kandungan vitamin B12 di dalam tubuh, sebaiknya Anda harus banyak mengonsumsi makanan hewani setiap hari. Karena kandungan yang terdapat di dalam daging, bisa mengatasi pembentukan sel darah dengan baik.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini