nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Tidur Anda Tidak Nyenyak!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 19 November 2018 20:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 19 481 1979996 makanan-dan-minuman-yang-bisa-bikin-tidur-anda-tidak-nyenyak-BFdwiXhIsC.jpg Ilustrasi insomnia (Foto: Howstuffworks)

TIDUR yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan. Akan tetapi, bukan hanya sekadar mendapatkan waktu istirahat yang disarankan yaitu 8 jam, tidur juga harus berkualitas. Manfaat tidak didapat apabila seseorang tidak tidur dengan nyenyak.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang tidak tidur dengan nyenyak. Salah satunya karena mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Okezone dari Independent, Senin (19/11/2018), ada 5 makanan dan minuman yang harus dihindari agar tidak terbangun tiba-tiba dan mengganggu kualitas tidur Anda, berikut ulasannya :

 BACA JUGA:

6 Zodiak yang Senang Menyendiri daripada Bercengkrama dengan Orang Lain

Kafein

Minuman berkafein merupakan stimulan yang bisa membuat seseorang gelisah di malam hari. Kafein memblokir adenosin kimia yang merangsang tidur selama enam jam sehingga mencegah orang tersebut mendapatkan jumlah tidur harian yang direkomendasikan.

Daging merah

Jenis makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain. Jadi usahakan untuk tidak mengonsumsi daging merah sesaat sebelum tidur. Pilihlah makanan yang lebih ringan seperti yoghurt, susu, dan kubis, karena dapat membuat seseorang lebih nyaman untuk beristirahat serta mengurangi stres. Bila ingin mengonsumsi daging merah atau makanan berat lainnya paling tidak diberi jeda selama empat jam.

 

Makanan pedas

Seorang penasihat tidur, Lisa Artis, menyarankan untuk menghindari makanan pedas seperti capsaicin (unsur pedas dalam cabai) karena bisa mengganggu ketenangan tidur. Selain itu, makanan pedas dapat menaikkan suhu tubuh sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Makanan manis

Makanan dengan kadar gula tinggi dapat memberi dorongan energi instan dan menunda tidur seseorang. Para ahli menyarankan untuk konsumsi sereal gandum dengan kadar gula rendah guna meningkatkan ketersediaan tryptophan dalam aliran darah. Tryptophan merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin dan melatonin untuk merangsang tidur serta neurotransmitter santai yang memperlambat lalu lintas saraf dan menghentikan otak berdengung.

 BACA JUGA:

Efektif Bakar Lemak, 4 Olahraga Ini Cocok untuk Penderita Obesitas

Alkohol

Minuman yang satu ini bisa menjadi stimulan namun juga berfungsi sebagai obat penenang. Sayangnya hal itu tidak menjamin seseorang mendapatkan tidur yang nyenyak. Alkohol secara negatif memengaruhi keseimbangan tidur sehingga memungkinkan seseorang merasa terganggu selama tidur.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini