nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Rasulullah SAW yang Wajib Kamu Ikuti

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 19 481 1980030 6-kebiasaan-gaya-hidup-sehat-rasulullah-saw-yang-wajib-kamu-ikuti-EWVNdEgJvv.jpg Ilustrasi (Foto: Thedailycrisp)

HARI ini, tepat 20 November 2018 diperingati oleh seluruh umat Muslim di dunia sebagai hari lahirnya Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad semasa hidupnya meninggalkan banyak ajaran bermanfaat, yang mana berlaku hingga sekarang untuk para umatnya. Salah satunya sederet kebiasaan hidup sehat yang dulu semasa hidupnya dilakukan beliau. Apa saja kebiasaan gaya hidup sehat dari Nabi Muhammad SAW? Daripada penasaran, yuk baca pemaparannya berikut ini.

1. Bangun subuh

Nabi Muhammad diketahui mempunya kebiasaan untuk tidur lebih awal dan bangun di waktu adzan fajar, alias subuh setiap hari. Secara ilmiah, kebiasaan bangun pagi yang dilakukan oleh Nabi ini dikatakan berkorelasi secara umum dengan produktivitas yang lebih baik, serta kesehatan mental yang lebih baik.

2. Tidak makan berlebihan

Rasulullah membiasakan diri untuk makan secukupnya, makan sedikit ala Rasul ini secara ilmiah dikatakan untuk mencegah penyakit dan penyakit.m Konsep Islam '1/3 untuk makanan , 1/3 untuk cairan, dan 1/3 untuk napas sangat mirip dengan konsep 'hara hachi bu' ala Jepang, yang berarti makan sampai hanya sampai 80 persen merasa kenyang.

Makan Kurma

3. Makan pelan-pelan

Tahukah Anda, bahwa tubuh kita memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak bahwa perut telah kenyang dan terisi penuh Makan pelan-pelan akan membantu kita untuk makan lebih sedikit makanan dan meningkatkan pencernaan,

4. Berpuasa

Berpuasa adalah kebiasaan rutin untuk Nabi Muhammad SAW, tidak hanya selama bulan Ramadhan. Akan tetapi Nabi juga biasa berpuasa sampai Maghrib setiap hari Senin dan Kamis, dan juga pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya. Ini mirip dengan praktik puasa intermiten, yang telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan.

menu sahur

5. Aturan minum air

Dalam meminum air, Rasulullah SAW menerapkan kebiasaan untuk tidak meminumnya dalam sekali nafas. 'Jangan meminum air dalam satu nafas, tetapi meminumnya dalam dua atau tiga nafas', adalah cara meminum air ala Nabi Muhammad. Ilmu pengetahuan sendiri membuktikan bahwa ketika seseorang meminum terlalu banyak air dalam waktu singkat mereka dapat mengalami sakit kepala, ketidakseimbangan dalam tingkat elektrolit darah dan bahkan timbulnya rasa pusing. Minum perlahan membantu disebutkan dapat membantu tubuh benar-benar menyerap cairan dan mendapatkan manfaat maksimal.

6. Aktif bergerak

Memenuhi tiga dari lima rukun Islam, menuntut agar umat Islam menjadi sehat jasmani. Nabi Muhammad SAW dijelaskan sangat mendorong latihan fisik alias olahraga dan menyarankan orang tua untuk mendorong aktivitas fisik pada anak-anak mereka dengan mengajarkan anak-anak mereka untuk berenang, menunggang kuda, dan memanah. Demikian seperti disitat Thedailycrisp, Selasa (20/11/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini