nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW, 5 Tempat Ini Sekarang Jadi Destinasi Wisata Religi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 19:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 20 406 1980361 pernah-disinggahi-nabi-muhammad-saw-5-tempat-ini-sekarang-jadi-destinasi-wisata-religi-3in9qmepJK.jpg Lokasi yang pernah disinggahi Nabi Muhammad SAW (Foto: Travelmate)

SEMASA hidupnya, Nabi Muhammad SAW melakukan cukup banyak perjalanan dan singgah di beberapa tempat, yang kemudian menggoreskan sejarah dan kini jadi destinasi wisata religi. Umat Islam pun berbondong-bondong mengunjungi dan menziarahi lokasi tempat di mana rasul pernah berada tersebut.

Dengan mengunjungi destinasi religi tempat Nabi Muhammad SAW pernah singgahi ini, Umat Islam bisa semakin memahami nilai-nilai agama, semakin mengagumi sosok rasul, hingga lebih mengerti jejak cerita sejarah perjalanannya. Dikumpulkan Okezone dari berbagai sumber, berikut lima tempat bersejarah yang pernah disinggahi nabi dan kini jadi wisata religi, Selasa (20/11/2018).

1. Masjidil Haram, Mekkah

Masjidil Haram tempat berdirinya Kakbah menjadi destinasi utama umat Islam untuk melakukan ibadah Haji. Masjid yang dianggap suci oleh umat Islam ini adalah masjid pertama yang dibangun di muka bumi. Dahulu Nabi Muhammad pernah mendakwahkan agama Islam pada kaum Quraisy Mekkah, tepatnya di Bukit Shafa, yang kemudian dijadikan tempat ibadah sa’i.

2. Masjid An Nabawi

Masjid An Nabawi adalah tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Dahulu setelah hijrah ke Madinah dari Mekah, Nabi Muhammad SAW lah yang mendirikan langsung Masjid An Nabawi. Saat ini, ketika umat Islam mengunjungi Arab Saudi Masjid An Nabawi selalu dimasukkan dalam daftar kunjungan.

3. Masjid Al Aqsa

 

Masjid Al Aqsa pernah dijadikan kiblat salat bagi umat Islam, hingga kemudian diubah menjadi Masjidil Haram. Selain itu, Masjid Al Aqsa merupakan tujuan utama Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan Isra Mi’raj.

 

4. Gua Hira

 Gua Hira terletak di Jabal Noor, Mekkah. Di sini pun merupakan tempat malaikat Jibril memberikan wahyu pada Nabi Muhammad berupa beberapa ayat Al Quran. Gua Hira menjadi salah satu destinasi yang dianggap penting bagi umat Islam untuk dikunjungi dan menghabiskan waktu siang dan malam.

5. Bukit Arafah

Bukit Arafah memiliki goresan sejarah yang cukup penting semasa kehidupan Nabi Muhammad SAW. Di bukit ini nabi pernah menyampaikan khotbah perpisahan haji terakhir. Setiap tahun pun para jamaah haji menghabiskan hari di Arafah untuk berdoa pada Allah, meminta pengampunan dan berkah.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini