nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada! Wanita Sering Bangun Siang Berisiko Tinggi Kanker Payudara

Firda Janati, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 13:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 20 481 1980209 waspada-wanita-sering-bangun-siang-berisiko-tinggi-kanker-payudara-pSH0tfuGAv.jpg Kanker payudara pria (Foto: Hindustntimes))

SIAPA sih yang tidak butuh tidur? Semua orang pasti membutuhkannya. Tidur merupakan aktivitas penting bagi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan dari kurang tidur. Namun, bukan hanya kurang tidur saja yang dapat berisiko terkena penyakit seperti jantung atau diabetes.

Kurang tidur atau berlebihan tidur sama bahayanya bagi kesehatan. Penelitian baru-baru ini sebagaimana dilansir Okezone dari Readersdigest, Selasa (20/11/2018), tidur yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Bristol, Inggris.

 BACA JUGA:

Lebih dari Menutup Aurat, Ini Keutamaan Baju Gamis yang Sesungguhnya

Ternyata bukan hanya gaya hidup tak sehat dan stress yang dapat memicu penyakit berbahaya, tetapi juga tidur berlebihan. Para peneliti di Universitas Inggris melakukan perbandingan kecenderungan tidur berlebih dengan kasus kanker payudara pada lebih dari 400.000 wanita.

Hasil data yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Bristol Ingrris mengungkapkan bahwa wanita yang sering bangun siang lebih berisiko terkena kanker payudara. Penelitian ini juga mengungkapkan wanita yang tidur lebih dari delapan jam yang sesuai saran dokter lebih berisiko sekiranya 20 persen terhadap kanker payudara.

Hasil tersebut mengartikan bahwa kanker payudara lebih berisiko tinggi bagi wanita yang terbiasa bangun lebih siang dibandingkan wanita yang bangun lebih awal. Risiko kanker yang terkait dengan pola tidur telah banyak dilakukan oleh penelitian sebelumnya.

 

Para peneliti dari Universitas Bristol Inggris kemudian mempeluas temuan tersebut dengan melakukan penelitian ini. Setiap orang pasti mempunyai jam tidur yang berbeda sesuai dengan padatnya aktivitas yang dilakukan.

Pola tidur dapat memengaruhi suasana hati seseorang bahkan mungkin dapat rentan terkena penyakit tertentu. Orang yang bangun lebih awal cenderung cepat lelah di awal malam hari, sehingga bisa bangun lebih pagi. Sementara orang yang bangun lebih siang cenderung lebih produktif di malam hari. Sebab itu alih-alih bangun lebih pagi, mereka lebih memilih untuk tidur karena rasa kantuk yang lebih.

 BACA JUGA:

Pose Jongkok Jadi Andalan Lisa Blackpink saat Berfoto, Cute Banget!

"Temuan ini memiliki implikasi terhadap kebijakan yang memengaruhi kebiasaan tidur masyarakat umum dalam rangka untuk meningkatkan kesehatan serta mengurangi risiko kanker payudara di kalangan wanita," kata dr. Rebecca Richmond seorang peneliti Cancer Research UK Integrative Cancer Epidemiology Program di Universitas Bristol.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini