nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Gonta-ganti Lipstik? Ini Cara Mudah Merawat Bibir agar Tampilannya Tetap Cantik

Romeldo Christian, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 19:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 20 611 1980289 sering-gonta-ganti-lipstik-ini-cara-mudah-merawat-bibir-agar-tampilannya-tetap-cantik-C6zSherguF.jpg Ilustrasi perawatan bibir (Foto: Stylecraze)

BIBIR merupakan bagain tubuh yang penting, terutama bagi wanita. Bahkan seringkali bibir dipoles lipstik agar tampilannya semakin menarik. Namun perlu diketahui, pemakaian lipstik sehari-hari itu berisiko mengakibatkan bibir rusak karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya.  

Namun, bagaimana jika kondisi tersebut membuat bibir kering dan kesehatannya terganggu? Atau bahkan dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah. Dikutip Howstuffworks, berikut cara tepat merawat bibir agar tetap cantik dan sehat.

 BACA JUGA:

Makanan Ampuh Redakan Nyeri Panggul pada Wanita

Hindari menjilati bibir

Tanpa diketahui, menjilati bibir dapat memperparah kondisi bibir. Hal ini dikarenakan air liur yang mudah menguap dan membuat bibir lebih kering dari sebelumnya. Dalam air liur juga terdapat enzim yang digunakan untuk mencerna makanan, dan enzim ini terlalu keras untuk bibir. Jadi, lebih baik tidak melakukan hal tersebut walaupun terasa seperti memberikan kelembabab sementara pada bibir.

Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat juga dapat membantu kondisi bibir menjadi lebih baik terutama makanan yang mengandung Vitamin B dan Vitamin E. bibir juga memerlukan asupan mineral yang cukup agar kelembaannya tetap terjaga. Salah satu bahan yang mudah ditemukan adalah bayam dan air mineral.

 

Gunakan pelembap yang tepat

Perhatikan bahan yang terdapat pada pelembap bibir yang akan digunakan. Misalnya gunakan pelembap bibir yang mengandung petroleum jelly atau paraffin. Kedua bahan tersebut merupakan bahan yang tidak terlalu cepat menguap. Ekstrak lidah buaya juga sangat bagus untuk bahan dasar pelembap bibir, terutama bibir yang benar-benar sensitif.

BACA JUGA:

Alis Rapi Nampak Alami, Natasha Wilona Sulam Alis dengan Teknik Shadow Diamond

Kunjungi dokter

Jika kondisi bibir semakin parah dan tidak pernah membaik walau sudah dilakukan tindakan pelembaban, ada baiknya untuk mengunjungi dokter. Dokter akan lebih tahu bagaimana untuk mengatasi bibir yang sudah benar-benar bermasalah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini