nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Afif Syakur Mimpi Gadeng Desainer Muda untuk Pamerkan Batik Kekinian di Malioboro

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 10:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 21 194 1980494 afif-syakur-mimpi-gadeng-desainer-muda-untuk-pamerkan-batik-kekinian-di-malioboro-OEX5XWuaNU.jpg Ilustrasi Batik. (Foto: Instagram/desierw)

MESKIPUN terkenal dengan budaya yang melekat, ternyata tren mode di Yogyakarta tetap berkembang pesat. Beberapa desainer muda sampai yang senior pun berkolaborasi ingin memajukan industri fesyen lokal.

Salah satu wastra yang diangkat adalah batik. Apalagi sejak lama batik jadi oleh-oleh khas yang diburu banyak orang saat pulang dari Yogyakarta. Maka tak heran kalau beberapa desainer ingin memadukan batik dengan tren fesyen kekinian.

Desainer Afif Syakur mengatakan, meski bahan dasarnya batik, tapi tetap mengikuti perkembangan zaman. Menurut dia, batik memang kain favorit orang dari berbagai kalangan.

Baca Juga: 5 Kota Paling Laris Didatangi Turis saat Libur Maulid Nabi

(Foto: Instagram/ameilyawn)

"Batik itu sebagai komoditas budaya, selain itu jadi komoditas ekonomi. Batik itu produk fesyen, jadi disesuaikan dengan tren saat ini," ujar Afif ditemui di Hartono Mall, Yogyakarta, Selasa (20/11/2018).

Meski batik adalah wastra lokal yang terkesan kuno, biar dilirik pencinta fesyen pasti harus dikembangkan. Setiap busana yang dibuat pasti motifnya harus disederhanakan.

Soal motif dan model busana, menurut Afif, setiap desainer bisa mengkreasikan banyak model dan warna. Jika dulunya kain batik dikenal dengan pewarnaan alam, cenderung dengan warna putih, cokelat atau hitam, sekarang pun berubah. "Tren batik itu tergantung desainer dari mengolahnya. Misal kainnya pakai batik warna kekinian dicampur dengan kain lain, yang jelas prosesnya dikonsep," jelasnya.

Baca Juga: Ini Bagian Tubuh Manusia yang Tetap Aktif Meski Manusia Tengah Tidur

(Foto: Instagram/ameilyawn)

Malahan, Afif bermimpi ingin selalu menggandeng desainer muda Yogyakarta untuk berkolaborasi dengannya. Ia pun tak ragu-ragu menggandeng desainer muda, untuk mengembangkan ide unik dalam membuat busana. Malahan dia punya mimpi ingin menampilkan tren mode batik kekinian di kawasan Malioboro.

"Semua orang tahu kalau Malioboro itu salah satu sentra batik paling terkenal. Nantinya kalau ada kesempatan kita bisa tampilkan tren fesyen sekarang di sana, harapannya seperti itu" pungkas Afif.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini