nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

16 Perancang Busana Indonesia Akan Berpartisipasi dalam Fashion Show di Atas Kapal Pesiar

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 19:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 21 194 1980829 16-perancang-busana-indonesia-akan-berpartisipasi-dalam-fashion-show-di-atas-kapal-pesiar-C7mC0xyjDB.jpg Konferensi Pers La Mode Sur La Seine (Foto: Ardy/Okezone)

“La Mode” Sur La Seine à Paris merupakan perhelatan fashion show berskala internasional yang akan diadakan pada 1 Desember 2018 di Kota Paris, Perancis. Acara ini diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) yang juga didukung oleh Studio FDO dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sebanyak 400 undangan yang terdiri dari buyer dan media internasional akan hadir dalam acara ini.

Dalam press conference yang diadakan di Gedung Kementerian Perindustrian pada Rabu, 21 November 2018, Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian mengatakan, acara ini diselenggarakan agar fashion Indonesia bisa dikenal di kancah internasional. Selain itu, dengan diakuinya fashion dalam negeri, diharapkan dapat meningkatkan angka ekspor Indonesia terutama di bidang desain kreatif.

Fashion show “La Mode” Sur La Seine à Paris akan menampilkan karya 16 perancang busana Indonesia yang mengangkat konsep lokal yang disesuaikan dengan tren dunia, masing-masing koleksi memiliki ciri khas tersendiri.

konferensi pers

Karya yang ditampilkan antara lain koleksi milik Lisa Fitria, Deden Siswanto, Lenny Agustin, Sofie, Ali Charisma, Shanty Couture, IDENTIX by Irma Susanti, Lia Mustafa, Lia Soraya, Rosie Rahmadi, #Markamarie, Istituto Di Moda Burgo Indonesia, ZELMIRA by SMK NU Banat, dan Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pariwisata Aceh yang menampilkan koleksi REBORN29 by Sukriyah Rusdy. Busana-busana ini akan diperagakan oleh model internasional di atas kapal pesiar yang akan menyusuri sungai Seine dan mengelilingi kota Paris.

konferensi pers

Salah satu koleksi yang akan ditampilkan adalah koleksi Rosie Rahmadi yang bernama ARNAV, artinya samudera atau lautan. Tema ini diusungnya karena terinspirasi dari surat Al-Furqan dan Ar-Rahman dalam Al-Qur’an yang mengisahkan tentang selat dengan air tawar dan air asin yang terpisah. Hal ini membuatnya memilih warna biru muda dan biru tua untuk busananya.

fashion show

Walaupun terdapat perbedaan budaya dan selera antara Indonesia dan Eropa, menurut Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, para perancang busana juga menyusaikan busana rancangan mereka dengan selera Eropa. “Selama style, warna, dan fungsi pakainya masuk ke selera Eropa, saya pikir koleksi-koleksi ini dapat diterima di sana.” ungkapnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini