nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Isi Curhatan 'Brondong' tentang Masalah Hidup di Usia 20 Tahunan, Mana yang Paling Ngena ke Kamu?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 09:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 21 196 1980476 ini-isi-curhatan-brondong-tentang-masalah-hidup-di-usia-20-tahunan-mana-yang-paling-ngena-ke-kamu-bcKLcogwEE.png Curhatan remaja tentang kehidupan (Foto: Twitter/ RAY)

MENJALANI hidup berarti harus melewati segala prosesnya. Di fase ini, banyak dari kita yang merasa bahwa masalah yang dialami diri sendiri jauh lebih berat dari masalah orang lain. Bahkan, beberapa dari Anda mungkin merasakan bahwa fase kehidupan di usia 20 tahun adalah fase hidup yang sangat kompleks. Seperti yang dikeluhkan netizen satu ini.

Postingannya menjadi viral di Twitter karena dianggap menyuarakan hati terdalam generasi 20-tahunan. Adalah akun Twitter @rayemarten yang kemudian menjadi ruang netizen untuk ikut bersuara mengenai masalah hidup di usia itu.

Baca juga : Cara Mudah Mencuri Perhatian Wanita Berdasarkan Zodiaknya

Ray memposting kalimat sebagai berikut,

"Umur 20 tahun ini memang krusial banget, ya. Masalah nggak hanya perihal kuliah, tapi pertemanan, percintaan, bahkan sampai keluarga pun ada. Saya rasa semua orang lagi nggak baik-baik saja," cuitnya.

Postingan ini lalu mendapat respon besar dari netizen. Dibagikan pada 14 November 2018, hingga saat ini sudah ada 15.494 retweet yang masuk dan ada 4.116 likes. Bagaimana komentar-komentarnya?

Banyak dari warganet yang nimbrung di postingan ini ikut mengeluhkan apa yang mereka rasakan di usia 20-tahunan itu. Salah satunya ini, "Jangan lupa masalah kanker; kantong kering," tulis @mecingakbaik.

Baca juga: 7 Manfaat Bahan Campuran Teh, Redakan Flu hingga Bikin Langsing

Selain itu, akun Twitter @blasterni pun ikut curhat. "Umur 19 tahun ini cobaan banget, ya. Tekanan dari seangkatan, senior, dosen, pembina, belum lagi dibenci junior. Keluarga yang berantakan, cinta yang khianat, perpisahan sahabat, dan banyak lagi. Tapi tenang, dengan Twitter, saya jadi bebas ngebacot bababa bibibi, saya kuat," katanya.

Ada juga netizen yang memberi pencerahan kenapa mereka yang berusia 20 tahun merasa masalahnya sangat berat.

"Mohon maaf, umur 20-tahunan masih mencari jati diri sampai di usia 24 tahun. Usia 25 wajib menentukan pilihan (serius atau main-main). Kenapa 'masalah' dianggap 'masalah' di umur 20 tahun? Karena itu tadi, masih mencari jati diri dan menuju dewasa. Wajar. Anggaplah masih labil," cuit @akunlecet.

Kemudian, ada netizen yang memberi semangat pada pemilik postingan. "Thank you for stay alive. This world might needs you. Keep it up!" tulis @flaveescent.

Tak hanya itu, akun @masinusina coba membagikan saran yang bisa digunakan oleh semua orang.

"Solusinya cuma satu; Tiap abis solat maghrib, baca Ratib Al Haddad sama Dalail Khairat 1 bab, setiap hari. Gua belum pernah nemuin obat segala masalah kecuali di 2 bacaan ini. Rutinin 14-30 hari dulu, deh. Nanti semua masalah tiba-tiba kelar. Yakin," ungkapnya.

So, bagaimana menurut Anda?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini