nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orangtua, Mainan Punya Fungsi Regulasi Emosi pada Anak Loh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 16:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 21 196 1980709 orangtua-mainan-punya-fungsi-regulasi-emosi-pada-anak-loh-zdLNIrCZcl.jpg Mainan anak punya regulasi emosi pada anak (Foto:Ist)

UNTUK bisa tumbuh dengan sempurna, orangtua pastilah menyadari bahwa dalam proses tumbuh kembangnya anak-anak itu butuh yang namanya waktu bermain.

Bermain itu sejatinya adalah salah satu hak utama yang dimiliki oleh setiap anak, inilah mengapa dikatakan bermain untuk anak-anak itu bukanlah sebuah kemewahan melainkan sebuah keharusan.

Penjelasan dari sebuah penelitian dari Blue Sky Science (kolaborasi dari Wisconsin State Journal dan Morgridge Institute for Research) di tahun 2016 menyebutkan bahwa bermain sangat penting untuk perkembangan anak di segala hal. Mengapa? Karena bermain berdampak pada perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan emosional, serta pengembangan bahasa.

Membahas soal bermain, tepatnya bermain dengan menggunakan produk mainan. Sebagai orangtua, sudah sepatutnya kita mengetahui sebetulnya apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh produk mainan kepada proses tumbuh kembang anak.

Sebab, tahukah Anda bahwa yang namanya mainan itu bukan hanya berefek pada pada perkembangan motorik atau sensorik anak. Akan tetapi juga pada perkembangan emosi, sebab sebagaimana disebutkan oleh psikolog, Saskhya Aulia Prima mainan itu ternyata punya salah satu fungsi yakni meregulasi emosi pada anak.

(Baca Juga: Tampil Awet Muda, Begini Gaya Andalan Muzdalifah dengan Aneka Dress)

Hasil gambar untuk toys

(Baca Juga: Pose Jongkok Jadi Andalan Lisa Blackpink saat Berfoto, Cute Banget)

“Fungsi mainan untuk regulasi emosi anak ini, misalnya kadang kadang anak memiliki kendala bahasa. Nah melalui bermain misalnya memakai mainan castle, anak bisa bercerita contohnya cerita alien dan cerita cerita yang di sekitar dirinya,” tutur Saskhya kala ditemui belum lama ini di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain menjadi media untuk bisa mengungkapkan emosi dan ekspresinya, mainan-mainan juga dapat berfungsi untuk menyuntik semangat anak yang turun.

“Kayak kita saja deh orang dewasa, misalnya kalau kita lagi stres kita bisa nonton drama korea dan lainnya. Kemudian sama juga dengan anak – anak, kalau dia butuh recharge lagi dia perlu main dulu dan akhirnya belajar lagi, nah main dengan menggunakan mainan ini menjadi medium dia untuk bisa re-charge lagi. Bisa juga contohnya, misal anak yang sedang nangis emosinya bisa perlahan-lahan reda dari kencang, mulai pelan, sampai berhenti saat ditunjukkan mainan,” pungkas Saskhya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini