Cara Mengubah Pola Pikir untuk Hidup Sukses dan Bahagia

Hanizha Fatma, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 21 196 1980890 cara-mengubah-pola-pikir-untuk-hidup-sukses-dan-bahagia-PEz0venmfO.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

MENJADI bahagia dan sukses adalah sesuatu yang diinginkan semua orang. Sangat mungkin bahwa ketika ditanya “Apa tujuan dalam hidup?”, sebagian besar dari kita akan menjawab untuk berbahagia.

Namun banyak yang merasa sulit untuk hidup bahagia. Padahal, semestinya bahagia bisa didapat dari hal-hal kecil dan mensyukuri apa yang kita miliki. Dilansir dari Lifehack, Rabu (21/11/2018), berikut beberapa kunci hidup sukses dan bahagia:

1. Syukuri yang kita miliki

Mengubah pola pikir kamu menjadi lebih bersyukur adalah salah satu pembuka mata yang paling kuat. Mungkin terdengar terlalu sederhana untuk menjadi efektif, tetapi kamu harus berlatih setiap hari dan dalam segala hal yang kamu lakukan.

Jika kamu benar-benar bersyukur, kamu akan berhenti memperhatikan gangguan kecil dan situasi negatif. Sebaliknya, kamu akan mulai berfokus pada hal-hal baik yang telah terjadi dan pelajaran yang telah kamu pelajari bahkan dari kejadian atau pertemuan yang tidak menyenangkan. Kamu bisa menuliskan beberapa hal yang membuatmu bahagia dan bersyukur sebelum tidur. Misalnya momen kecil menikmati latte di sore hari yang membuatmu bahagia

 

 (Baca Juga:5 Fakta Masakan Padang yang Jarang Diketahui)

2. Temukan tujuan kamu

Habiskan satu hari sendirian dan berpikir jujur tentang apa yang ingin kamu capai dalam hidup ini. Gagasan ini bisa tampak agak samar di awal. Sebagai contoh, sangat mungkin sebagian besar dari kita akan mengatakan bahwa kita ingin bahagia dan sukses. Tetapi luangkan waktu untuk melihat lebih dalam apa arti konsep-konsep ini bagi kamu. Tujuan kamu mungkin adalah melakukan sesuatu yang berarti setiap hari, atau membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan melakukan apa yang kamu sukai. Tujuan kamu dapat tumbuh setiap tahun. Secara pribadi dan profesional.

 (Baca Juga:Ketika Bocah Laki-Laki Minta Restu Pacaran, Gemasnya Enggak Tahan!)

3. Cari kepuasan, bukan kebahagiaan

Alih-alih berusaha untuk sekadar bahagia, kamu harus mencari kepuasan yang berkelanjutan. Semakin banyak psikolog dan pemikir yang menekankan bahwa kebahagiaan bukanlah produk untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi lebih kepada hasil samping dari berbagai tantangan yang kamu atasi dan tonggak pencapaian yang telah kamu raih untuk mencapainya.

Dengan kata lain, kebahagiaan saja tidak cukup tanpa mengejar hal-hal, bersaing, dan berjuang. Bahkan, mengejar kebahagiaan terus-menerus dan khawatir bahwa kamu tidak merasa bahagia malah dapat membuat kamu semakin tidak bahagia dan stres. Ingat, kebahagiaan bukanlah tujuan, itu adalah efek samping untuk menjalani hidup sepenuhnya.

4. Kembangkan minat

Semakin beragam dan bermakna area kehidupan kamu, semakin terpenuhi hidup kamu nantinya. Orang-orang yang diinvestasikan dalam banyak hal berbeda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dan kelelahan daripada mereka yang memiliki sedikit minat dalam hidup.

Seorang psikoterapis berbagi teknik bagaimana memelihara beragam area kehidupan dan menghindari kelelahan dan depresi. Dia menyarankan membagi daftar kertas menjadi 9 bagian untuk berbagai bagian kehidupan kamu, yang secara individu penting bagi. Beberapa contoh dapat berupa keluarga, pekerjaan, teman, hobi, bepergian, menjadi sukarelawan, olahraga, dan waktu yang dihabiskan sendirian.

 

5. Cintai dirimu sendiri

Beberapa orang menempatkan orang lain sebelum diri mereka sendiri dan tahu bagaimana memberi lebih baik daripada cara menerima. Jika kamu adalah salah satunya, saatnya mulai berpikir lebih banyak tentang dirimu. Mulailah dengan melakukan setidaknya seminggu sekali untuk melakukan apa yang kamu sukai, mulai berkata tidak, matikan ponsel satu hari penuh, dan sesekali egois demi tubuhmu sendiri.

6. Coba pekerjaan baru

Jika kamu telah menjalankan kegiatan yang sama selama bertahun-tahun, mungkin sulit membayangkan hidup dengan cara berbeda. Tetapi tentu saja, kamu telah mendengar tentang orang-orang yang terus bergegas, mencoba hal-hal baru dan menemukan hasrat mereka bahkan ketika mereka sudah memiliki pekerjaan dan keluarga yang stabil. Mungkin pekerjaan pokok mereka memberi mereka penghasilan tetap, tetapi proyek sampingan mereka adalah yang membawa pemenuhan dan penghasilan tambahan, atau mungkin mereka telah menemukan kebahagiaan dan tujuan mereka di kemudian hari.

7. Kelola harapan

Memiliki standar tinggi bukanlah hal yang buruk pada dasarnya. Tapi itu bisa menjadi berbahaya jika berlebihan. Jika terlalu menuntut terhadap diri sendiri, kamu bisa mengalami depresi dan kelelahan kerja. Jika mengharapkan terlalu banyak dari orang lain, mereka bisa lelah atau takut terhadap kamu atau bahkan menghindar.

8. Jangan tersinggung

Merasa bersalah adalah salah satu pencuri kebahagiaan terbesar dalam hidup kita. Tersinggung mencuri momen berharga, benar-benar bahagia yang bisa kita habiskan bersama dengan orang yang kita cintai. Ini juga terkait dengan poin sebelumnya, ketika harapanmu terhadap orang lain terlalu tinggi, dan kamu merasa mereka berhutang sesuatu kepadamu.

 

9. Beri dan sumbangkan

Kepuasan hidup sebagian besar berasal dari rasa kontribusi - perasaan bahwa hidup dan pekerjaan kamu penting. Melakukan sesuatu yang berharga untuk komunitas lokal, perusahaan atau masyarakat secara keseluruhan dapat memberi kamu perasaan misi atau alasan. Beberapa ide tentang bagaimana kamu dapat berkontribusi adalah mengajukan permohonan menjadi sukarelawan di panti asuhan, rumah tua atau tempat penampungan hewan; atau bergabunglah dengan kelompok atau inisiatif di tempat kerja, seperti penyelenggara acara kantor atau kelompok amal.

10. Lihatlah pasanganmu dengan mata baru

Jika kamu bersama dengan pasangan selama bertahun-tahun, kamu pasti tahu bahwa hubungan memiliki pasang surut, dan itu tidak pernah hanya bunga mawar dan bunga violet. Banyak orang merasa sulit untuk menerima bahwa mereka telah tumbuh terlalu terbiasa dengan separuh lainnya. Kabar baiknya adalah bahwa ada kekuatan kamu untuk mengubahnya dan membawa lebih banyak warna ke dalam hubungan kamu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini