Share

Jangan Asal Simpan, Ini 5 Bumbu Makanan Harus Anda Waspadai

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Rabu 21 November 2018 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 21 298 1980772 jangan-asal-simpan-ini-5-bumbu-makanan-harus-anda-waspadai-vWIOopNYx4.jpg Cara simpan makanan yang tepat (Foto:Wellness)

SEMUA makanan tentu memiliki masa kadaluarsa yang harus kita perhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlepas makanan tersebut disimpan di dalam lemari pendingin, atau diletakkan di suhu ruang, jika telah melewati masa kedaluarsanya, makanan itu sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

Dalam hal ini, salah satu jenis makanan yang sering kita abaikan adalah bumbu pelengkap atau saus cocolan. Semua orang tentu pernah menyimpan saus botolan yang telah digunakan sejak beberapa bulan lalu, atau sisa salad dressing yang didapatkan saat memesan salad di restoran cepat saji. Namun, berapa lamakah masa simpan yang sepatutnya Anda ketahui agar bahan makanan itu layak dikonsumsi. Simak ulasannya.

 Viral Video Badai di Gunung Lawu, Kilat dan Petir Menyambar-nyambar

Saus tomat

 

Ada sebuah perdebatan yang mengatakan bahwa botol saus tomat yang sudah dibuka harus disimpan di dalam lemari pendingin. Isu ini sebetulnya sempat heboh di media sosial pada pertengahan tahun lalu. Menurut Heinz, kadar asam yang terkandung dalam saus tomat dapat menjaga keseimbangan rasa dan kualitas produk makanan tersebut. Namun, mereka merekomendasikan untuk menyimpan saus tomat di dalam lemari pendingin, jika kemasan atau tutup botolnya telah dibuka. Dengan cara ini, saus tomat bisa digunakan hingga 9-12 bulan lamanya.

Mustard

Menurut sejumlah chef profesional asal Prancis, secara teknis mustard tidak perlu didinginkan atau dimasukkan ke dalam kulkas. Namun, memasukkan mustard ke dalam kulkas dapat mempertahankan rasa dan kualitasnya. Tidak hanya itu, satu botol mustard yang belum dibuka kemasannya dapat bertahan hingga 18 bulan, jika disimpan di tempat yang sejuk.

Soy sauce

Menurut pakar kuliner, menyimpan soy sauce atau Worcestershire sauce di kulkas adalah cara yang tepat untuk menjaga kualitas dan rasanya. Ini disebabkan karena suhu udara di bumi semakin meningkat setiap tahunnya. Menyimpan bumbu tersebut di dalam kulkas dapat memperpanjang usianya hingga dua tahun lamanya, mengingat proses pengolahan soy sauce sendiri menggunakan teknik fermentasi.

 Tampil Awet Muda, Begini Gaya Andalan Muzdalifah dengan Aneka Dress

Mayones dan salad dressing

Berapa lama mayones dan salad dressing dapat disimpan? Menurut laporan Cherry Creek Nutrition, mayones yang kemasannya telah dibuka dapat digunakan selama kurang lebih 2 bulan. Begitupula dengan salad dressing. Mengingat bumbu tersebut berbahan dasar mayones, durasi penyimpanannya kurang lebih sama dengan mayones yakni, 2 bulan. Namun, jika Anda meletakkannya di dalam lemari pendingin, baik mayones dan salad dressing bisa digunakan hingga 3 bulan lamanya.

Sambal

 

Dr. Doug Archer dari University Florida menegaskan, sambal sebaiknya tidak disimpan lebih dari satu tahun di dalam lemari pendingin. Hal ini karena selama proses penyimpanan berlangsung, tekstur dan warna sambal akan mengalami perubahan dan muncul fleck hitam. Jika dibiarkan, fleck hitam ini akan memengaruhi bahan makanan lainnya karena ia memproduksi gas. Untuk mengakalinya, hindari menyimpan sambal dalam kurung waktu yang lama.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini