Jangan Buang Kulit Pisang, Ternyata Ini Lho Manfaatnya!

Bagas Taruna , Jurnalis · Rabu 21 November 2018 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 21 481 1980453 jangan-buang-kulit-pisang-ternyata-ini-lho-manfaatnya-Jt2yrJ7Nm1.jpg Manfaat kulit pisang (Foto: Pixabay)

Siapa yang tak mengenal pisang? Berbagai jenis pisang hadir di pasar tradisional dan supermarket. Tidak hanya lezat, buah ini menawarkan sejuta manfaat akan vitamin dan mineral yang dikandungnya. Tapi,

Seringkali kita langsung membuang kulitnya sesuai menyantap pisang. Ternyata, dilansir dari Littlethings pada Rabu (21/11/2018), kita sudah berpuluh-puluh kali membuang bagian yang paling baik dan menyehatkan dari satu buah pisang ke dalam tempat sampah. Sebenarnya,ada khasiat yang baik di balik selembar kulit pisang.

Mengenai bagaimana kita dapat merasakan manfaatnya, ada dua pilihan yang dapat kita coba. Pertama, secara langsung memakan kulit pisang tersebut. Mungkin kedengarannya aneh, tapi cara ini aman dan efektif. Bagi orang yang belum berani mencoba cara pertama, bisa mengkeruk bagian putih yang menempel pada kulit pisang dengan sendok.

Nah, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari kulit pisang:

1. Menyembuhkan gigitan serangga

Seringkali nyamuk atau hewan kecil lainnya menggigit dan merusak mood karena rasa sakit dan gatal yang diakibatkan. Maka, oleskan kulit pisang ke bagian yang tergigit tadi agar meredakan rasa sakitnya.

2. Melancarkan percernaan

Bagi yang belum tahu, kulit pisang kaya akan serat. Kandungannya sangat baik bagi yang sedang susah buang air. Untuk manfaat yang ini, cukup mencicipi bagian pisang yang dikeruk dari kulitnya saja.

3. Memutihkan gigi

Untuk yang satu ini, Anda cukup menggosokkan bagian dalam si kulit pisang ke gigi. Gunakan metode ini selama dua minggu.

4. Menghilangkan kerutan wajah

Cocok sekali bagi yang merasa kurang percaya diri dengan tampilan wajah yang disertai dengan kerutan. Antioksidan dalam pisang mampu membuat kulit Anda terlihat bagus. Cukup gosokkan kulit pisang ke bagian wajah yang diinginkan, lalu diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya. Gunakan secara rutin.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Bagi yang sulit tidur di malam hari,tidak ada salahnya melahap kulit pisang. Tapi, tenang, Anda masih bisa, kok, menyendokkan bagian dalam kulit pisangnya saja. Karena di dalam kulit pisang mengandung triptofan yang mampu menolong Anda melewati istirahat malam. Manfaat mana yang Anda mau coba? Jangan lupa, buang kulitnya di tempat sampah, ya!  

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini