nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Bagian Tubuh Manusia yang Tetap Aktif Meski Manusia Tengah Tidur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 08:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 21 481 1980460 ini-bagian-tubuh-manusia-yang-tetap-aktif-meski-manusia-tengah-tidur-CyAijqvnRa.jpg Organ tubuh yang tetap aktif (Foto: Pixabay)

TIDUR merupakan ritual yang kerap dilakukan manusia setiap hari. Tidur merupakan salah satu cara untuk mengembalikan tenaga dan mengatasi kelelahan setelah seharian melakukan aktivitas. Selain itu tidur juga berfungsi untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh agar kembali fit keesokan harinya.

Ketika lampu dimatikan dan Anda memutuskan untuk tidur, beberapa menit pertama pasti dihabiskan untuk berguling dan berputar di tempat tidur. Sekira 20-30 menit berikutnya Anda baru bisa mulai tertidur dengan pulas.

Baca juga: Cara Mudah Mencuri Perhatian Wanita Berdasarkan Zodiaknya

Hal yang sama juga terjadi dengan pikiran dan indera Anda. Ketika seseorang menutup mata untuk beristirahat namun tidak semua komponen dari tubuh kita beristirahat. Sebuah penelitian baru berhasil membuktikan teori ini.

Baca juga: 7 Manfaat Bahan Campuran Teh, Redakan Flu hingga Bikin Langsing

Salah satu bagian tubuh manusia yang tetap aktif meskipun sedang dalam kondisi beristirahat adalah telinga. Meskipun mata terpejam, namun Anda tentunya masih bisa mendengar suara-suara yang ada di sekitar meskipun dengan samar.

Ya, menurut penelitian, ketika telinga melakukan tugasnya dengan benar saat beristirahat, informasi yang Anda dapatkan hanyalah samar-samar. Hal ini terjadi karena otak Anda.

Anda dapat dengan jelas mendengar percakapan yang tepat dan suara-suara lain tetapi hal ini menjadi tidak sempurna karena otak anda yang sebenarnya menolak informasi yang baru saja diterima. Efek ini membuat Anda tidak ingat apa yang Anda dengar selama tertidur.

Untuk memahami dinamika tubuh kita, sebuah penelitian dilakukan di sebuah universitas yang berbasis di AS dengan objek penelitian anak-anak sekolah yang sedang tidur. Ketika mereka telah mencapai siklus REM dalam durasi tidur mereka, anak-anak dibuat untuk mendengar beberapa suara dan kata-kata acak tetapi tidak menunjukkan respon.

Ketika mereka bangun, mereka dibuat untuk mendengar suara yang sama lagi bersama dengan suara yang sebelumnya diberikan. Terlihat bahwa anak-anak menunjukkan reaksi positif terhadap suara-suara itu. Secara tidak langsung hal ini membuktikan bahwa mereka dapat mendengar suara selama siklus tidur.

Dengan demikian, telinga mereka bekerja lebih dari otak yang membuat mereka sangat sadar terhadap suara yang ada. Penelitian ini juga membuktikan bahwa Anda akan terus memperoleh informasi dari apa yang ada di sekeliling meskipun dalam kondisi tidur.

Sebagaimana dilansir Times of India, Rabu (21/11/2018), ada cara lain yang menarik tentang sesuatu yang didengar memengaruhi pikiran bawah sadar manusia. Studi ilmiah telah membuktikan bahwa apa yang kita dengar tepat sebelum tertidur atau percakapan yang terjadi dalam periode tidur diolah oleh pikiran bawah sadar untuk menciptakan mimpi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini