nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Lupakan Hal Penting Ini agar Dietmu Sukses!

Abdul Razak, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 14:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 21 481 1980644 jangan-lupakan-hal-penting-ini-agar-dietmu-sukses-Z6NsKLqnap.jpg Ilustrasi penurunan berat badan (Foto: Remediesforme)

BERAT badan berlebih selalu jadi problema yang tak terhindarkan dari manusia terutama kaum wanita yang menginginkan badan yang ideal. Jika Anda sudah makan sehat dan teratur dalam berolahraga, kurang tidur mungkin menjadi bagian yang mungkin Anda lupakan dari rumus menurunkan berat badan.

Dilansir dari Selecthealth, penelitan telah menunjukkan bahwa tidur yang buruk merupakan faktor besar terhadap kenaikan berat badan dan obesitas. Oleh sebab itu tidur yang baik merupakan kualitas utama jika ingin menurunkan berat badan.

 BACA JUGA:

Kenapa Kita Merasa Gatal? Adakah Faedah dari Menggaruk?

Kurang tidur bisa memengaruhi nafsu makan

Orang dewasa yang mendapatkan cukup tidur di malam hari memiliki kendali yang lebih baik atas keinginan dan nafsu makan mereka daripada orang dewasa yang sering tidur terlalu larut . Ini karena semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan semakin banyak hormon Anda yang membuat rasa lapar itu muncul.

Hormon nafsu makan ini disebut leptin dan ghrelin. Leptin adalah tanda bahwa Anda kenyang, jadi jika tidak berfungsi dengan baik, Anda tidak selalu tahu apakah Anda puas dan cukup untuk makan. Dikirim dari perut anda, ghrelin adalah hormon yang membri tahu otak Anda bahwa Anda lapar. Kurangnya kualitas tidur menganggu regulasi normal hormon hormon ini. Maka dari itu harus Anda harus bisa mengatur jadwal tidur Anda dengan baik agar terhindar dari kurangnya waktu tidur.

Kurangi sumber cahaya dan suara

Setiap jenis rangsangan dapat mencegah Anda mendapatkan kualitas tidur. Otak Anda secara alami melepaskan melatonin untuk membantu Anda merasa mengantuk ketika hari sudah gelap. Untuk membantu otak memproduksi lebih banyak melatonin, Anda dapat lakukan dengan menggunakan masker mata, dan meredupkan lampu satu jam sebelum naik ke tempat tidur.

 

Beri waktu santai sebelum berbaring

Jangan melakukan pekerjaan apapun ketika Anda mau tertidur, beri waktu 1 jam untuk tubuh Anda tenang. Cobalah untuk tidak memainkan peralatan elektronik atau melakukan hal lain. Ini berguna untuk menenangkan pikiran Anda di sela-sela waktu itu Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan peregangan dan cobalah untuk rileks.

Patuhi rutinitas

Setelah Anda tahu apa yang efektif, teruskan saja. Sulit untuk menjaga rutinitas kehidupan sehari-hari ketika Anda sedang bepergian atau perjalanan jauh, Tapi lakukanlah yang terbaik agar mencapai target anda. Salah satu cara untuk mengatur jam tidur Anda dengan baik dengan cara memasang alarm.

 BACA JUGA:

Dikabarkan Akan Bercerai, Intip Kembali Keseruan Liburan Gading Marten dan Gisel di Luar Negeri

Pola tidur dan asupan nutrisi

Sekarang Anda semakin tau bagaimana tidur memengaruhi kemampuan Anda untuk mempertahankan berat badan yang sehat, mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Anda akan dapat tidur lebih banyak saat Anda menyediakan waktu untuk tidur dan memproritasi waktu tidur anda. Kualitas tidur berjalan dengan nutrisi dan olahraga yang tepat. Dengan tidur yang nyenyak maka Anda juga mendapatkan kualitas tubuh dengan baik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini