nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Obat Tidur Alami untuk Insomnia Menurut Sains

Alma Dwi, Jurnalis · Rabu 21 November 2018 15:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 21 481 1980685 7-obat-tidur-alami-untuk-insomnia-menurut-sains-E3b1CWnYMt.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

INSOMNIA adalah gangguan tidur yang sekarang banyak dialami. Ketika tidak bekerja lembur, di rumah kita menatap smartphone sampai saat kita mencoba untuk tidur.

Kebiasaan alami kita saat menuju tidur menderita karena masalah yang mengganggu seperti media sosial, games, dan kehidupan keluarga. Bagaimana Anda menemukan waktu untuk memastikan Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak? Seperti dilansir Lifehack, berikut adalah 8 obat tidur alami yang didukung sains:

1. Bikin tempat tidur senyaman mungkin

Pastikan tempat tidur Anda nyaman. Ini dapat bervariasi pada setiap orang, tetapi lakukan apa pun yang diperlukan untuk memastikan tempat tidur Anda membantu Anda tertidur dengan baik. Mencoba tidur di kasur seperti papan kayu tidak akan membantu insomnia Anda.

Bereksperimenlah dengan bantal untuk menemukan apa yang paling cocok untuk Anda. Anda juga dapat membuat bantal baru untuk membuat tempat tidur terlihat lebih menarik. Jangan biarkan terlihat berantakan dan cobalah beberapa minyak esensial untuk membuat kamar Anda lebih rileks.

 (Baca Juga:Jangan Lupakan Hal Penting Ini agar Dietmu Sukses!)


2. Minum teh herbal

Teh herbal adalah cara yang tepat karena tidak memiliki kafein. Ini membantu Anda untuk beristirahat dan bersantai. Beberapa teh yang bisa Anda minum untuk membantu tubuh rileks adalah kamomil, akar valeria, daun mint, jahe, dan kayu manis. Anda bisa mendapatkan teh herbal organik murah dengan campuran herbal untuk menambahkan beberapa variasi pada rutinitas malam hari Anda.

Hal tersebut didukung oleh suatu ilmu. Pada tahun 2011, sebuah makalah yang diterbitkan di Perpustakaan Kedokteran Nasional AS berjudul Chamomile: Obat herbal masa lalu dengan masa depan yang cerah menyatakan, bahwa secara tradisional, persiapan kamomil seperti teh dan aromaterapi minyak esensial telah digunakan untuk mengobati insomnia dan untuk menginduksi sedasi (efek menenangkan). Kamomil secara luas dianggap sebagai obat penenang ringan dan induser tidur. Efek sedatif mungkin disebabkan oleh flavonoid, apigenin yang mengikat reseptor benzodiazepine di otak.

 (Baca Juga:Terlalu Lama Mengetik Pakai Keyboard Komputer? Waspada Serangan Carpal Tunnel Syndrome)


3. Matikan perangkat Anda

Smartphone menjadi salah satu penyebab insomnia. Menurut Dr. Andrew Weil, masalah cahaya biru yang dipancarkan perangkat dapat menekan produksi hormon pengatur tidur melatonin, yang mendorong insomnia. Efek ini lebih terasa daripada paparan cahaya dari layar televisi di kamar tidur karena kami memegang smartphone dan perangkat elektronik lainnya di dekat wajah kami, mengintensifkan paparan cahaya.

Sementara itu, mungkin tampak seperti kemewahan untuk bersantai di tempat tidur sambil menonton YouTube atau Netflix di smartphone Anda, namun kenyataannya itu dapat mengganggu tidur Anda.

 

4. Baca

Tergoda untuk bersantai di tempat tidur sambil menonton sesuatu dari ponsel pintar sampai Anda pingsan bukanlah suatu hal kebaikan. Menatap perangkat tersebut dapat menekan melatonin.

Maka solusinya adalah dengan membaca. Membaca buku selama satu jam sebelum Anda tidur adalah cara yang tepat untuk memunculkan rasa kantuk. Ini juga cara yang bagus untuk menenangkan otak Anda dan menyiapkannya untuk tidur malam.

5. Tidur siang dengan pola T

Melkaukan tidur siang tanpa rencana bukanlah ide yang baik. Jika Anda terhenti dan tidur sebentar selama beberapa jam, itu akan mengacaukan pola tidur Anda untuk istirahat yang tepat di malam hari.

Namun, tidur siang dengan pola T tidak sulit. Hanya butuh waktu yang baik. Buku Dr. Nerina Ramlakhan, Fast Asleep, Wide Awake menunjukkan bahwa Anda harus mengambil “tidur siang yang dikendalikan”.

Sarannya adalah untuk tidur siang tidak lebih dari 20 menit untuk mengangkat beberapa kelelahan dari pikiran Anda. Ini dapat membantu Anda merasa berenergi kembali. Dan itu juga tidak akan mengganggu tidur malam Anda di siang hari.

6. Lakukan olahraga teratur

The National Sleep Organization menyatakan bahwa jika ingin tertidur lebih cepat dan bangun merasa lebih banyak istirahat, maka lakukan olahraga. Hanya 10 menit latihan aerobik, jalan kaki atau bersepeda, dapat secara dramatis meningkatkan kualitas tidur malam Anda, terutama bila dilakukan secara teratur.

7. Meditasi

Pada tahun 2015, Harvard Medical School, dengan cepat menunjukkan bahwa meditasi membantu melawan insomnia. Meditasi melibatkan fokus pada pernapasan Anda dan kemudian membawa perhatian pikiran Anda ke masa kini tanpa terhanyut ke dalam kekhawatiran tentang masa lalu atau masa depan. Ini membantu Anda memecahkan rentetan pikiran sehari-hari Anda untuk membangkitkan relaksasi, dengan menggunakan teknik apa pun yang terasa tepat untuk Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini