Cara Terbaik untuk Menghemat Uang

Hanizha Fatma, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 196 1981028 cara-terbaik-untuk-menghemat-uang-ZDNM4cbmif.jpg Cara menabung dan menghemat (Foto: Pixabay)

Ada banyak panduan menghemat uang secara daring. Tetapi sebagian besar tidak menutupi akar masalah. Bahkan dengan strategi yang tepat kamu masih bisa gagal untuk menghemat uang. Kamu harus memiliki sistem yang tepat dan pola pikir yang benar.

Dalam panduan ini, kami akan membahas cara terbaik untuk menghemat uang, meskipun tidak mudah, tetapi dengan adanya kerja keras kamu dapat menghemat banyak uang.

Baca juga: Ajukan Cerai, Intip Gaya Seksi Gisella Anastasia kala Mesra Bareng Gading Marten

1. Mengapa masa lalu menghalangimu menyimpan uang?

Apakah kamu terus-menerus memikirkan kesalahan pada keuanganmu? Jika demikian. Pikirkan hal yang menghalangimu untuk menabung. Kamu mungkin berharap dapat kembali ke masalalu untuk menghindari keuangan yang menurun. Tapi, tinggal dimasa lalu akan merampas masa depanmu. Sebaiknya refleksikan kesalahan dan tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kamu pelajari dari kejadian tersebut. Setelah mengetahuinya, mulailah untuk menuju ke arah yang benar. Belajar dari kegagalan masa lalu dan gunakan sebagai peluang untuk menetapkan tujuan keuangan yang baru.

2. Bagaimana cara melacak pengeluaran dengan mudah?

Hentikan pelacakan pengeluaran secara manual!. Manfaatkan alat analisa yang kuat seperti aplikasi pengelolaan uang untuk membantu pekerjaan kamu. Kamu bisa melihat seberapa uang yang ada. Aplikasi ini juga dapat membantu melihat pengeluaran, pemasukan, dan berapa banyak uang yang sudah kamu hemat. Menyimpan uang sama seperti setengah pertempuran, dan setengah lainnya adalah konsisten menjalaninya.

3. Kebenaran mengapa terus gagal

Beberapa orang menabung dengan sendirinya, tetapi sebagian besar adalah pembelanja implusif. Daripada menyangkal, akuilah saja. Jangan pernah mencoba menghemat 60-70% uang dari penghasilanmu. Jika kamu melakukannya, hidupmu sangatlah menyedihkan. Menyimpan uang bukanlah lomba marathon, tetapi untuk masa pensiunmu.

Apabila saat ini kamu kesulitan untuk menabung, cobalah untuk menghabiskan uang untuk hal-hal yang menyenangkan. Ini mungkin terdengar aneh. Tapi bukankah lebih baik menghemat 200 Ribu setiap bulan selama 12 bulan, ketimbang 500 ribu selama 3 bulan?

Kebanyakan orang kesulitan karena membuat anggaran yang mengatur mereka. Berikut ini beberapa aturan yang harus kamu terapkan:

1. Hemat lebih dari 50% dari uangmu (setelah dikurangi biaya hidup)

2. Belilah hanya barang-barang yang berguna setelah menabung

3. Buatlah tabungan otomatis ke bank

Fokuslah hanya pada barang-barang yang penting. Ingat, kamu bisa membeli apa saja tapi tidak semuanya.

4. Bagaimana cara meloloskan diri dari hutang

Keuangan adalah sebuah permainan. Disatu sisi kamu menghasilkan uang, dan disisi lain kamu menabung. Pada akhirnya bukanlah seberapa banyak kamu menghasilkan tetapi seberapa banyak kamu menghemat. Penelitian menunjukan bahwa sekitar 60% orang Amerika menghabiskan lebih banyak uang daripada yang mereka tabung.

Jadi, bagaimana kamu bisa memisahkan diri dari 60%? Caranya adalah dengan tidak berhutang. Dengan cara ini kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk dihemat dan menghindari kewajiban membayar tagihan.

Hal ini akan menantang seberapa bergantungnya kamu dengan kartu kredit, tetapi hal tersebut akan sepadan dengan sebuah usaha. Kamu tidak hanya akan berhenti membayar hutang, tetapi juga akan lebih sadar dengan apa yang kamu beli.

5. Resep terbaik untuk melambungkan tabungan

 

Memiliki sistem untuk membantumu menabung adalah penting, tetapi bukanlah jalan terbaik untuk menabung. Kamu bisa mencari lusinan cara untuk menghemat uang, tetapi akan selalu ada batasnya. Alih-alih menghabiskan sebagian besar usaha anda untuk menabung, carilah cara untuk meningkatkan penghasilanmu. Kenyataannya adalah setelah kamu memiliki sistem yang tepat, menabung jadi mudah.

Apa yang menantangmu mendapatkan uang lebih banyak? Ada banyak jalan untuk mencapainya. Jalan apapun yang kamu ambil, fokuslah untuk mendapatkan dan menyimpan sebanyak mungkin. Kamu memiliki kontrol lebih.

6. Ubah dirimu menjadi mesin penghemat uang

Menyimpan uang tidaklah rumit, tetapi ini adah hal tersulit yang akan kamu lakukan. Dengan belajar dari kesalahan dan menghadiahi diri sendiri setelah menghemat, kamu akan menyimpan lebih banyak. Apa yang akan kamu lakukan dengan uang tambahan sebesar 200 ribu atau 500 ribu setiap bulannya? Bagi beberapa orang ini adalah uang yang mengubah hidup yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Kenyataanya menabung merupakan seni. Hemat terlalu banyak, kamu akan berhenti,. Tetapi hemat terlalu sedikit maka akan membayar konsekuensi dimasa depan. Menyimpan uang membutuhkan usaha dan sistem yang tepat.

Luangkan waktu sejenak untuk melakukan brainstorming, apa yang akan kamu dapatkan jika memiliki uang tambahan setiap bulan. Gunakan tujuan ini sebagai motivasi untuk membantumu menabung lebih banyak.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini