nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkat Bunuh Diri Tertinggi pada Perempuan Ada di Bidang Pekerjaan Ini

Alma Dwi, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 17:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 22 196 1981207 tingkat-bunuh-diri-tertinggi-pada-perempuan-ada-di-bidang-pekerjaan-ini-LoXoLJhDJA.jpg Ilustrasi wanita depresi (Foto: Harvardhealth)

DI dunia, angka bunuh diri laki-laki lebih banyak. Namun di Indonesia, angka bunuh diri perempuan lebih besar ketimbang laki-laki. Upaya melakukan bunuh diri bisanya disebabkan oleh stres dan jumlah jam kerja. Beberapa pekerjaan membutuhkan keterampilan, kreativitas, dan konsentrasi yang tinggi sepanjang jam, hari, bahkan ketika masa libur.

Dilansir Sheknows, Rabu (21/11/2018), Pusat Pengendalian Penyakit mengungkapkan bahwa antara tahun 2000 dan 2016 tingkat orang yang berusia 16 hingga 64 tahun yang meninggal karena bunuh diri meningkat sebesar 34 persen. Dalam upaya untuk memecahkan statistik ini, lebih baik kita memahami akar penyebabnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) baru-baru ini mengeluarkan laporan yang menggambarkan tingkat bunuh diri berdasarkan pendudukan. Ditemukan bahwa angka tertinggi untuk perempuan yang bekerja di bidang seni, desain, hiburan, olahraga, dan media. Untuk pria, angka tertinggi di antara bidang konstruksi dan ekstraksi (pekerjaan seperti tambang minyak dan pertambangan).

 BACA JUGA:

Alya Nurshabrina Melaju ke Babak Final Fast Track Kategori Talent di Miss World 2018

Secara khusus, perempuan yang bekerja di bidang seni, desain, hiburan, olahraga dan media memiliki tingkat bunuh diri 15,6 per 100.000 orang yang bekerja di tahun 2015. Peningkatan terbesar dalam tingkat bunuh diri untuk wanita berdasarkan profesi adalah di antara mereka yang pekerjaanya terkait dalam persiapan makanan dan pelayanan, seperti koki, pengelola restoran, dan server, yang melonjak 54 persen dari 2012 hingga 2015.

 

Melihat tingkat bunuh diri dalam hal profesi adalah membantu menempatkan strategi pencegahan di tempat kerja yang lebih efektif, CDC mencatat dalam laporan tersebut. Di atas itu, terlepas dari fakta bahwa banyak orang dewasa menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tempat kerja, menjadikan tempat kerja sebagai tempat yang penting tetapi kurang dimanfaatkan untuk pencegahan bunuh diri.

 BACA JUGA:

7 Alasan Kamu Harus Coba Solo Traveling Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Laporan ini juga menunjukkan bahwa selain sumber pencegahan bunuh diri, tempat kerja harus fokus pada peningkatan kondisi kerja dan mengurangi stres sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan mental karyawan secara keseluruhan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini