Dari Jadi Lem hingga Hilangkan Karat, Ini 7 Fungsi Lain Kentang yang Mungkin Belum Diketahui

Risda Nadiva, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 196 1981359 dari-jadi-lem-hingga-hilangkan-karat-ini-7-fungsi-lain-kentang-yang-mungkin-belum-diketahui-veXKjiDUfV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KENTANG telah menjadi salah satu sumber makanan pokok untuk sebagai penduduk dunia dan mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Tapi, banyak dari kita yang berpikir bahwa fungsi kentang hanya untuk dikonsumsi.

Seperti yang dikutip dari toptenz, faktanya, sudah sejak lama kentang digunakan untuk banyak keperluan rumah tangga. Lantas, apa saja kegunaannya?


1. Pengganti lem

Kandungan pati dan ekstraksi perekat pada kentang dinilai kuat tingkat kerekatannya, selain itu lebih murah. Tak mengherankan jika perusahaan lebih memilih kentang dibanding menggunakan lem.


2. Menghilangkan karat

Kentang mengandung sejenis zat asam yang dapat menghancurkan karat seketika. Caranya? Belah kentang menjadi dua, gosokkan ke benda yang berkarat selama 5 menit. Bila memiliki peralatan logam bisa juga membersihkan karat dengan memanfaatkan air rebusan kentang dan direndam selama 20 menit.

Baca Juga: Bikin Pangling, Begini 5 Tampilan Ariana Grande Tanpa Rambut Kuncir Kudanya yang Ikonik


3. Pemoles sepatu

Jika sepatu Anda mulai using, jangan dibuang! Kupas kentang menjadi dua bagian dan gosoklah ke sepatu Anda selama beberapa menit. Sepatu Anda akan tampil baru lagi.


4. Mengurangi bengkak pada mata

Kentang juga bisa mengurangi bengkak pada mata dan menghilangkan lingkaran hitam serta kantung mata. Iris kentang kemudian letakkan di atas mata Anda dan tunggu sampai 20 menit. Khasiatnya lebih manjur daripada mentimun lo!


5. Perawatan kulit

Selain dimakan, umbi ini bisa jadi pilihan alternatif perawatan kulit Anda. Jika memiliki jerawat, komedo, dan masalah kulit yang umum lainnya bisa diatasi dengan kentang. Anda bisa membuat pasta kentang untuk dijadikan masker.

Baca Juga: Andalkan Gaya Sportwear Look, Baby Margaretha Umbar Lekuk Tubuh Seksi


6. Pengganti plastik

Sari pati kentang bermanfaat sebagai pengganti plastik yang sangat tidak ramah lingkungan. Selain bisa dijadikan kantong belanja alami, pati kentang bisa jadikan bahan pembuatan sendok, garpu, sekaligus bisa dimakan sebagai penganan nikmat.


7. Obat alternatif

Meskipun rasanya aneh jika dijadikan obat, apalagi pembuatannya dengan cara dijus. Namun, jangan meremehkan umbi ini karena khasiatnya dapat meredakan nyeri ulkus, nyeri tubuh, sesak, mulas, keseleo, dan berbagai jenis memar.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini