Share

Apakah Semua Masakan Padang Sama? Ini Penjelasannya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Kamis 22 November 2018 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 298 1981011 apakah-semua-masakan-padang-sama-ini-penjelasannya-LjZ2bkZGxE.JPG Masakan Padang (Foto: Leo/Okezone)

MASAKAN Padang adalah menu favorit masyarakat Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke masakan Padang selalu diminati. Alhasil saat ini telah banyak rumah makan Padang terkenal di kota-kota besar yang menjadi destinasi favorit bagi para pengunjung.

Sebagaimana diketahui kunci dari kenikmatan dan kelezatan makan Padang adalah bumbu rempah yang terkandung di dalamnya. Bumbu itulah yang membuat masakan Padang menjadi kayak akan rasa dan diminati seluruh masyarakat dunia.

Baca juga: Ajukan Cerai, Intip Gaya Seksi Gisella Anastasia kala Mesra Bareng Gading Marten

Ya, saat ini banyak sekali rumah makan Padang yang membuka cabang di berbagai kota di Indonesia. Namun, Anda tentu bertanya, apakah rasa masakan yang disajikan di setiap cabang memiliki rasa yang sama?

Executive Chef Padang Merdeka, Iwan, menjelaskan bahwa rumah makan Padang memiliki standar, kualitas tersendiri yang akan membuat rasa di setiap cabangnya sama. Selain itu terdapat pula Central Kitchen (CK) yang akan menyediakan semua bumbu dan bahan makanan yang ada.

Tak hanya kualitasnya saja yang dikontrol, Chef Iwan pun menjelaskan bahwa pilihan bahan baku juga menjadi faktor utama yang akan mempengaruhi rasa. Salah satu bahan baku utama yang sangat berpengaruh adalah kelapa.

“Mengingat hampir semua makanan padang mengandung santan, maka kualitas kelapa kami perhatikan dengan baik. Kami menggunakan kelapa dari Palembang atau Bengkulu, pasalnya kelapa dari daerah sana memiliki banyak santan, lebih kental dan lebih enak ketimbang kelapa biasa,” tutur Chef Iwan, saat dijumpai Okezone,  kemarin.

Berbicara tentang masakan Padang, maka tidak akan lepas dari bumbu-bumbu yang dipergunakan. Chef Iwan menegaskan bahwa masakannya menggunakan banyak sekali bumbu. Dalam sebuah masakan sekiranya bisa menggunakan 50 macam bumbu dan seluruhnya adalah bumbu kebun.

“Rempah yang kamu gunakan berasal dari padang. Begitupun bumbu untuk rendang semuanya asli dari sana. Pengolahannya pun secara segar di dapur. Semua sudah ada resepnya dan telah ditimbang sedemikian rupa. Kami memiliki CK dari mulai mentah sampe produksi, dan kami sudah di training terlebih dahulu,” tandasnya.

Selain itu, makanan yang telah matang pun harus melewati prosedur kualitas kelayakan. Jadi untuk menemukan rasa yang nikmat untuk setiap pelanggan prosedur pengecekan harus selalu dilakukan.

“Pemanasan sayur, atau penambahan masakan harus dicek semua. Karena kalau dari pagi dimasak, hingga jam tiga saja bumbu sudah mulai mengendap semakin asin dan gurih. Jadi kalau sudah begitu, masakan perlu di mix lagi biar bumbunya kembali menjadi standar. Semua dikirim, kualitasnya sama. Bumbu jadi semuaya dikirim dari CK,” tutupnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini