Share

Meski Kedaluarsa Pasta Masih Aman Dikonsumsi, Juga 4 Makanan Lainnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 298 1981151 meski-kedaluarsa-pasta-masih-aman-dikonsumsi-juga-4-makanan-lainnya-8wYHEgSOjG.jpg Makan pasta tetap aman meski sudah kedaluarsa (Foto: Thedailymeal)

ADA kesalahpahaman umum yang sering terjadi saat membahas masa kedaluarsa pada makanan kemasan. Sebagian orang memilih untuk membuang makanan ketika sudah melewati batas waktunya.

Namun, menurut Paul VanLAndingham, salah seorang staf pengajar senior di Pusat Manajemen Makanan dan MInuman Universitas Johnson & Wales, tanggal kedaluarsa yang tercetak pada kemasan makanan sebetulnya merujuk pada kualitas makanan ketimbang keamanan pangan.

“Tangal kedaluarsa digunakan distributor makanan agar pihak supermarket dapat menentukan berapa lama mereka harus menampilkan produk untuk memastikan tingkat kualitas tertinggi, sehingga konsumen dapat memprediksi berapa lama mereka harus menyimpan makanan sebelum kualitas dan rasanya menurun,” jelas Paul.

 Andalkan Gaya Sportwear Look, Baby Margaretha Umbar Lekuk Tubuh Seksi

Nah, dari sekian banyak makanan kemasan yang dijual di pasaran, ternyata ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi meski telah melewati masa kedaluarsa. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Insider, Kamis (22/11/2018).

Pasta

 

Menurut Eat By Date, pasta kering dapat disimpan selama satu hingga dua tahun setelah masa kedaluarsa. Pernyataan ini juga dibenarkan oleh FoodSafety.gov, situs resmi milik US Department of Health & Human Services. Sementara itu, produk pasta segar yang sering Anda temukan di lemari pendingin supermarket, dapat dikonsumsi hingga lima hari setelah tanggal kedaluarsa. Namun jika dibekukan, makanan tersebut dapat disimpan selama enam hingga delapan bulan. Lalu bagaimana pasta yang telah dimasak? Masa simpannya hanya berkisar selama tujuh hari di dalam lemari pendingin.

Sereal

Sereal yang masih dalam kemasan dapat bertahan selama enam hingga delapan bulan meski telah melewati masa kedaluarsa. Jika telah dibuka, makanan ini dapat dikonsumsi dalam kurun waktu antara empat sampai enak bulan. Sebaliknya, sereal yang telah diolah dengan campuran bahan-bahan pelengkap seperti oatbeal dan susu hanya mampu bertahan selama empat hingga lima hari di dalam kulkas.

 

“Kualitasnya tidak akan memburuk. Namun, jika kemasan sereal dibiarkan terbuka, makanan itu bisa basi tetapi Anda tidak akan sakit saat mengonsumsinya,” tutur Emily Broad Leib, direktur Harvard Food Law & Policy Clinic, kepada majalah TIME.

 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Telur

Anda mungkin pernah mendengar bahwa telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling rentan terkontaminasi kuman penyakit dan cepat membusuk. Uniknya, telur juga menjadi salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi meski telah melewati tanggal kedaluarsanya. Makanan ini aman digunakan dalam waktu hingga lima minggu setelah Anda membelinya. Telur rebus bahkan bisa disimpan hingga seminggu di kulkas.

Ayam

Meskipun daging ayam mentah hanya mampu bertahan selama beberapa hari di lemari pendingin, bahan makanan ini ternyata dapat bertahan hingga satu tahun jika dibekukan di dalam freezer.

“Bakteri yang menyebabkan keracunan makanan tidak akan tumbuh di dalam freezer, jadi tidak peduli berapa lama Anda membekukan daging ayam, bahan makanan itu masih aman dikonsumsi. Namun, makanan yang telah berada di dalam freezer selama berbulan-bulan, teksturnya akan cenderung kering dan rasanya tidak terlalu enak,” tulis salah satu pejabat dari Departemen Pertanian AS di situs FoodSafety.gov.

 

Ikan

Sama seperti daging unggas, ikan mentah bisa bertahan selama enam sampai sembilan bulan jika dibekukan. Sementara ikan asap dapat bertahan selama tiga sampai enam bulan di dalam freezer. Dan untuk ikan segar yang dibekukan dapat disimpan selama 10 hingga 12 bulan jika tidak mencair. Selain itu, ikan kalengan yang belum dibuka seperti tuna, dapat disimpan antara dua sampai lima tahun setelah tanggal kedaluarsa.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini