nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Keamanan Pangan, 5 Makanan Ini Harus Benar-Benar Bersih saat Dicuci

Abdul Razak, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 19:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 22 298 1981309 demi-keamanan-pangan-5-makanan-ini-harus-benar-benar-bersih-saat-dicuci-5SEgSypQKw.jpg Mencuci Buah dan Sayuran (Foto: Timesofindia)

MENGONSUMSI buah-buahan atau sayuran yang alami sangat menyegarkan dan nikmat rasanya. Tapi sebelum memakan suatu makanan alangkah baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu agar terhindari dari bakteri dan kuman.

Anda semua tahu betapa pentingnya mencuci buah dan sayur sebelum mengonsumsinya dilansir dari Timesofindia ini beberapa cara mencuci makanan dengan baik dan 5 makanan ini membutuhkan cara mencuci yang berbeda.

BACA JUGA:

Alya Nurshabrina Melaju ke Babak Final Fast Track Kategori Talent di Miss World 2018

Makanan Beku

Tidak diragukan lagi makanan beku telah membantu kita hidup lebih mudah. Meskipun makanan beku tidak sehat tetapi kadang makanan beku menjadi penyelamat hidup kita. Masalahnya kebanyakan orang adalah tidak mencuci buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya. Untuk menyingkirkan kotoran dan bakterinya,seseorang harus mencucinya secara menyeluruh sebelum memasaknya.

Kubis

Cacing sering memakan sayuran seperti kubis, kol, dan brokoli oleh karna itu sangat penting untuk mencucinya dengan hati-hati. Cara yang tepat untuk mencuci kubis adalah dengan memindahkan dua lapisan atas dan memotongnya hingga halus lalu mencelupkannya ke dalam air ditambah cuka selama beberapa menit. Bilas kubis dengan air bersih. Jika anda memasak kembang kol, anda harus membersihkan semua sudut dan memisahkannya menjadi beberapa bagian.

 

Ikan

Mencuci ikan sebelum di masak merupakan langkah wajib. Tetapi anda akan terkejut mengetahui bahwa mencuci ikan mentah di keran itu sangat mengundang bakteri risiko penyebaran bakteri di dapur anda. Oleh karna itu cucilah ikan dengan benar. Ingatlah untuk mencuci pisau sebelum memotong dan pastikan tangan anda bersih.

Apel

Tidak peduli seberapa segar buahnya, mereka masih sarat dengan bahan kimia dan pestisida. Untuk membersihkan apel, rendam dalam air dengan baking soda selama 12 menit. Melakukan hal ini akan menghilangkan sebagain besar bahan kimia.

BACA JUGA:

7 Alasan Kamu Harus Coba Solo Traveling Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Selada

Membersihkan selada itu mudah, robek daun selada dalam dua atau tiga bagian dan taruh dalam air dingin selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Pastikan juga tangan anda dalm kondisi bersih agar terhindar dari bakteri dan kuman.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini