Saat Makan Malam Orang di Sebelah Kiri Ratu Elizabeth Mungkin Tak Diajak Bicara, Kok Begitu?

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 298 1981433 saat-makan-malam-orang-di-sebelah-kiri-ratu-elizabeth-mungkin-tak-diajak-bicara-kok-begitu-GxxD2KRIBD.jpg Ratu Elizabeth II (Foto: Thesun)

TRADISI keluarga turut mengatur perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk hal-hal yang harus dilakukan di meja makan. Hal ini berlaku pula bagi anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Selama ini diketahui bila pihak kerajaan memiliki protokol atau aturan ketat bagi anggota keluarganya. Menurut informasi yang beredar, ada satu aturan atau tradisi yang cukup aneh ketika keluarga kerajaan makan malam bersama Ratu Elizabeth II. Anggota keluarga hanya dapat berbicara kepadanya pada waktu-waktu tertentu.

Melansir The Sun, Kamis (22/11/2018), ketika waktu makan malam kerajaan tiba, anggota keluarga harus duduk di kursi yang telah ditentukan. Pembicaraan yang berlangsung pun harus menyesuaikan minat dan bahasa yang diucapkan oleh Ratu Elizabeth. Anggota keluarga yang duduk di sampingnya hanya akan dapat memulai percakapan pada waktu-waktu tertentu.

Menurut laporan, di awal waktu makan, Ratu Elizabeth hanya akan berbicara kepada orang yang duduk di sisi kanannya. Apabila makanan utama yang kedua datang, maka dirinya akan bergantian berbicara kepada orang yang berada di sebelah kirinya. Sayang, ratu jarang sekali makan hingga ke menu utama yang kedua sehingga kecil kemungkinan untuk memulai pembicaraan baru.

Meghan Markle

Sebab menurut mantan koki kerajaan, Darren McGrady, Ratu Elizabeth dikenal sebagai sosok yang tidak gemar makan. Dengan demikian kemungkinan makanan menu utama kedua dihidangkan tidak begitu besar. Beruntung tradisi ini berlangsung dalam acara formal dimana acara bersama keluarga bisa lebih santai.

Tradisi lainnya berkaitan dengan aturan meninggalkan meja makan. Rupanya, jika seorang anggota keluarga perlu pergi lebih dahulu dari meja makan, maka dirinya tidak diperkenankan permisi. Dia hanya perlu meninggalkan meja makan tanpa suara.

Selanjutnya, anggota keluarga juga harus menghindari makanan tertentu yang tidak dikonsumsi oleh ratu seperti kerang dan daging merah. Mereka juga harus mengikuti langkah yang dilakukan ratu.

Sebagai contoh, biasanya Ratu Elizabeth akan meletakkan tas atau dompetnya di atas meja bila sudah siap pergi dalam waktu lima menit. Ketika hal itu terjadi, maka semua yang ada di meja makan harus ikut pergi meskipun mungkin dirinya belum menghabiskan makanan yang disajikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini