nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Alasan Kamu Harus Coba Solo Traveling Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Alma Dwi, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 13:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 22 406 1981159 7-alasan-kamu-harus-coba-solo-traveling-setidaknya-sekali-seumur-hidup-QLIV1w0dV5.jpg Ilustrasi (Foto: Wonderlist)

BEPERGIAN tidak hanya membantu Anda menemukan banyak tempat, itu juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres, bersantai, dan menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama keluarga Anda.

Anda harus bepergian ke banyak lokasi berbeda dengan keluarga, teman, dan kekasih Anda, tetapi apakah Anda pernah berpikir untuk bepergian sendiri? Meskipun ini mungkin bukan ide yang sangat menarik bagi sebagian orang, namun itu menawarkan banyak manfaat dan karenanya ada banyak alasan mengapa Anda harus bepergian sendiri.

Seperti dilansir Wonderslist, Ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus bepergian sendiri paling tidak sekali dalam hidup.

1. Anda dapat menikmati waktu ‘saya’

Hidup kita biasanya sangat sibuk. Sementara mencurahkan waktu untuk keluarga, teman, kuliah, atau kerja, sesekali kita mendambakan untuk beberapa waktu cukup 'aku'. Ada banyak manfaat menghabiskan waktu sendirian. Ini membantu untuk mengulang kembali otak Anda agar meningkatkan konsentrasi, dan membantu Anda berpikir lebih dalam, yang pada gilirannya dapat membantu Anda menemukan solusi untuk banyak masalah. Hanya menghabiskan satu atau dua jam saja di taman itu kadang tidak cukup, Anda perlu sedikit lebih banyak, jadi bepergian sendiri dan nikmati waktu sendirian sangat dibutuhkan.

2. Anda dapat bertemu orang baru

Bertemu orang baru adalah salah satu bagian terbaik dari perjalanan. Pikiran untuk berada di lokasi yang benar-benar baru dengan sendirian dapat membuat Anda takut, tetapi memikirkan banyak teman baru dapat Anda buat sepanjang jalan. Ke mana pun Anda pergi, entah itu dalam pertunjukan band rock, di kedai kopi, atau berdiri dalam antrean untuk mendapatkan tiket kereta, Anda akan berada di sekitar begitu banyak orang yang berbeda dengan begitu banyak kisah yang berbeda untuk dibagikan. Anda mungkin bertemu dengan beberapa orang paling menarik yang pernah ada dan mungkin mendapatkan saran yang bagus tentang ke mana Anda harus pergi ke tempat berikutnya.

3. Anda memiliki kendali penuh atas rencana perjalanan Anda

Meskipun sangat menyenangkan untuk bepergian dengan teman dan keluarga, banyak kesempatan Anda akan berakhir melakukan hal-hal yang tidak Anda inginkan. Ketika Anda bepergian dalam kelompok, setiap orang yang pergi dengan Anda akan memiliki saran sendiri untuk diberikan. Jam berapa Anda harus bangun, kapan sebaiknya pergi jalan-jalan, kegiatan apa yang harus Anda ikuti, semuanya harus diputuskan sembari tetap menjaga saran semua orang. Namun, ketika Anda bepergian sendiri, Anda mengontrol rencana perjalanan, Anda memutuskan tempat-tempat apa yang ingin Anda kunjungi, dan menghindari tempat-tempat yang Anda anggap tidak layak.

Solo Traveling

4. Anda akan memiliki pengalaman terbaik yang pernah ada

Berpergian bagaimanapun juga itu hebat, baik sendiri atau dalam kelompok. Namun, jika Anda adalah satu-satunya teman atau keluarga Anda yang mengunjungi tempat yang menakjubkan, di mana Anda telah melihat hal-hal yang mencengangkan, mencicipi masakan yang luar biasa, maka pengalaman itu adalah sesuatu yang berbeda. Mengetahui bahwa Anda telah melakukan semua itu sendiri dan telah kembali dengan begitu banyak cerita untuk diceritakan akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih berharga.

5. Anda akan menjadi lebih mandiri

Manfaat lain dari bepergian sendiri adalah bahwa Anda akan mendapatkan kepercayaan diri. Kita terbiasa dengan kehidupan sehari-hari - kita melakukan perjalanan di jalan yang sama, pergi ke restoran yang sama, mengunjungi toko kelontong yang sama, dan bertemu orang yang sama, dan ini membuat kita terjebak dalam rutinitas. Ketika Anda melakukan perjalanan sendirian, Anda tidak hanya mengunjungi tempat-tempat baru, Anda mengambil semua keputusan dan menangani masalah kapan pun mereka muncul. Anda tidak akan merasa perlu bergantung pada siapa pun lagi, dan Anda akan selalu tahu apa yang harus dilakukan tidak peduli apa situasinya.

6. Anda akan menjadi bertanggung jawab

Sejauh ini Anda telah bepergian dengan teman-teman atau keluarga Anda dan mereka telah membantu Anda dalam sebagian besar situasi yang Anda hadapi. Ibu Anda mungkin telah membantu Anda mengemas tas Anda, teman-teman Anda harus memesan makanan untuk Anda, dan saudari Anda mungkin telah membangunkan Anda sehingga Anda melakukan penerbangan tepat waktu, tetapi ketika sendirian, Anda tahu Anda bertanggung jawab atas semua ini. Anda harus melakukan semua tugas ini sendiri, dan jika Anda gagal, Anda harus menghadapi konsekuensinya. Jadi, Anda tidak punya pilihan selain bertanggung jawab.

7. Anda akan menemukan diri Anda sendiri

Meskipun Anda mungkin telah merencanakan perjalanan ini hanya untuk menghabiskan waktu ‘saya’ atau untuk merasa mandiri, itu sebenarnya akan membantu Anda menemukan diri Anda sendiri. Ketika Anda sendirian, Anda dapat mendengarkan diri Anda lebih baik, Anda memahami apa saja kemampuan Anda dan apa yang perlu Anda kerjakan. Anda mungkin juga akhirnya melakukan banyak hal yang sebelumnya belum Anda pikirkan, seperti Anda dapat berteman dengan mudah meskipun begitu lama Anda pikir Anda adalah seorang introvert, atau mungkin pergi bungee jumping meskipun Anda pikir Anda takut ketinggian.

Traveling sendiri memang memiliki begitu banyak manfaat yang ditawarkan. Tidak hanya memberi Anda pengalaman, itu juga membantu Anda belajar banyak hal, membantu memahami diri sendiri, menjadi lebih bertanggung jawab, dan banyak lagi. Segala sesuatu yang Anda pelajari membantu mengubah Anda sebagai pribadi dan hidup dengan cara yang positif.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini