6 Manfaat Arang Aktif yang Tak Banyak Diketahui, Memutihkan Gigi hingga Turunkan Kolesterol Tinggi

Yosua Tobing, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 481 1981174 6-manfaat-arang-aktif-yang-tak-banyak-diketahui-memutihkan-gigi-hingga-turunkan-kolesterol-tinggi-VMDo3zbvr6.jpg Arang aktif (Foto: Medicalnewstoday)

JIKA mendengar kata arang pasti tidak jauh dengan bakar-bakar makanan. Arang aktif pada dasarnya adalah bahan yang dihasilkan dari sumber karbon yang berbeda.

Arang aktif terjadi ketika sumber karbon ini, seperti batu bara, kelapa, atau kayu dibakar pada suhu yang sangat tinggi. Pada saat yang sama, luas permukaan mengembang penuh dengan pori-pori kecil yang sempurna untuk adsorpsi. Adsorpsi menarik zat dan menjebaknya di permukaan. Serapan berabsorpsi di semua zat, seperti spons yang berendam dalam air.

Berikut manfaat arang aktif yang tidak banyak diketahui orang yang dilansir dari Foodmatter, Kamis (22/11/2018):

1. Menyerap Bau

Mungkin terdengar aneh dan tampak seperti sihir arang aktif bisa menyerap bau. Pada dasarnya arang aktif menarik bau, racun, dan bahan kimia. Ion negatif dari arang menarik ion positif yang menjengkelkan di udara, seperti debu dan microfiber, serta bahan kimia berbahaya dan polutan. Partikel-partikel ini mengikat arang melalui proses adsorpsi yang sama yang bekerja secara internal di dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa Anda akan sering menemukan arang dalam produk pemurni udara.

2. Membuat Makanan Bertahanan Lebih Lama

Arang aktif menyedot semua racun di udara yang membuat membantu ruang penyimpan makanan lebih segar dan membantu menjaga makanan tetap segar.

3. Dapat Memutihkan Gigi

Arang Aktif berfungsi untuk memutihkan gigi, menyeimbangkan tingkat pH dan mencegah bau mulut dan gigi berlubang. Ini dilakukan dengan menyerap plak yang menumpuk di gigi, serta menghilangkan noda yang paling terkait dengan kopi, anggur, atau rokok.

Menggunakan sikat gigi arang dapat bekerja untuk menghilangkan bau mulut dan juga mencegah penumpukan bakteri dari tumbuh di sikat. Menggunakan pasta gigi arang aktif dapat membantu meremineralisasi gigi, menguatkan gusi, membuang racun di mulut, dan mencegah kerusakan gigi. Ini juga anti-inflamasi, membantu menenangkan peradangan oral.

arang

4. Menangkal racun

Arang adalah obat kuno untuk menangkal racun dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa arang aktif mungkin merupakan dekontamin saluran GI paling efektif yang tersedia. Dapat menyerap hingga 50-60% zat yang tidak diinginkan di lambung dan usus ketika diambil dengan cepat setelah konsumsi. Ruang gawat darurat di seluruh dunia. Secara rutin mengatur dosis besar arang aktif untuk jenis keracunan tertentu.

Arang aktif juga digunakan jika terjadi overdosis banyak obat-obatan farmasi dan obat-obatan yang dijual bebas. Sebagian besar senyawa organik, pestisida, merkuri, pupuk, dan pemutih berikatan dengan permukaan arang aktif. Kemungkinkan untuk eliminasi lebih cepat, sambil mencegah penyerapan dalam tubuh, bahkan setelah memasuki aliran darah.

5. Menurunkan Kolestrol Tinggi

Studi menunjukkan bahwa arang aktif memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sebanyak beberapa obat resep. Dalam penelitian terbaru, pasien dengan kolesterol tinggi yang mengambil arang aktif tiga kali sehari menunjukkan penurunan 25% total kolesterol. Mereka juga menggandakan rasio kolesterol HDL / LDL mereka. Studi yang meneliti jaringan mikroskopis menunjukkan dosis harian arang aktif dapat mencegah pengerasan abnormal di jantung dan pembuluh darah koroner.

Jadi apa Anda masih meragukan manfaat dari arang aktif?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini