Ciri-Ciri Sosiopat yang Harus Dikenali, Sering Tidak Terduga

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 23 196 1981508 ciri-ciri-sosiopat-yang-harus-dikenali-sering-tidak-terduga-xUq1wBHQsd.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TIDAK semua orang memiliki kepribadian yang baik. Pasti ada beberapa yang mengalami gangguan kepribadian. Salah satunya adalah sosiopat yang membuat seseorang menjadi tidak rasional, agresif, berbahaya, dan sering tidak merasa bersalah ketika menyakiti orang lain. Di sisi lain, sosiopat dapat menjadi seseorang yang sangat menawan, karismatik, dan sangat baik.

Penelitian telah menunjukkan sebanyak 1 dari 25 orang memiliki ciri-ciri sosiopat. Psikolog Dr Marny Lishman mengungkapkan tanda-tanda yang harus diwaspadai untuk mengenali seorang sosiopat. Dirinya menggambarkan bila mereka yang mengalami gangguan kepribadian ini biasanya anti-sosial dan dapat membahayakan orang lain tanpa sadar bahkan tidak ada penyesalan.

 (Baca Juga:Unik, Foto Kehamilan Ini Jawaban kalau Kelak Anak Bertanya "Bagaimana Aku Dibuat?")

Seorang sosiopat dapat menciptakan kekacauan besar apabila tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan dan egonya tidak terpenuhi. Bentuk kekacauannya seperti kecurangan, pelecehan fisik atau emosional, dan masalah finansial terhadap orang lain. Melansir The Sun, Jumat (23/11/2018), inilah ciri-ciri lain dari sosiopat yang telah Okezone rangkum:

 

1. Mudah tebar pesona

Seorang sosiopat sangat baik dalam hal tebar pesona agar disukai oleh orang lain. Dirinya cenderung tampil fungsional dan seringkali terlihat menawan. Tetapi jauh di lubuk hatinya, orang sosiopat secara tidak sadar memiliki rasa malu dan bersalah.

2. Mengkhawatirkan pekerjaan


Kepribadian sosiopat dapat menyebabkan berbagai macam masalah di tempat kerja. Dengan begitu orang yang mengalami gangguan ini mungkin berjuang untuk mempertahankan pekerjaan. 

Akibatnya mereka mungkin sering kejam dengan staf, menunjukkan ketidaksukaan yang mencolok dengan rekan kerja, kurang empati, dan sulit berbaur. Mereka mungkin juga menyalahkan orang lain ketika hal-hal tidak berjalan dengan benar, melanggar aturan, tidak bertindak sebagai tim kerja, dan umumnya mendorong batas.

3. Pembohong

Manipulasi dan kontrol adalah dua karakteristik yang menentukan seseorang sosiopat tapi sulit dikenali. Seorang sosiopat memiliki kebiasaan berbohong setiap hari, mulai dari hal kecil hingga yang keterlaluan. Dirinya berbohong guna melindungi diri sendiri dan memilih menyalahkan orang lain. Orang sosiopat juga defensif bila menerima julukan dari orang lain.

 

4. Berdasarkan jenis kelamin

Cara sosiopat mengekspresikan diri bergantung dari jenis kelaminnya. Pada perempuan, dirinya cenderung mengekspresikan lebih banyak emosi dan dapat tampil dengan pribadi ‘ngemong’, perhatian, genit, tetapi umumnya lebih manipulatif. Sementara pria cenderung lebih agresif secara fisik, terang-terangan manipulatif, dingin atau tanpa emosi.

(Baca Juga: Kisah Pilu Gadis Cilik yang Meninggal Setelah Jadi Pengiring Pengantin)

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini