nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Trik Mudah Menabung untuk Kaum Milenial

Bagas Taruna , Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 12:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 23 196 1981678 4-trik-mudah-menabung-untuk-kaum-milenial-LtnhGmxzeX.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GAJIAN! Sebuah kata yang memang kerap ditunggu oleh para pekerja. Biasanya, setelah mendapatkan gaji, orang-orang apalagi anak milenial kerap langsung membelanjakan uang mereka.

Masalah inilah yang mungkin sering dialami orang Indonesia, karena gatal ingin membeli barang baru. Nah, melansir dari Get, ternyata ada cara bagi kalian yang merasa dirinya boros agar bisa menabung.

Baca Juga: Seekor Kambing Lahirkan Anak Mirip Campuran Babi dan Manusia

1. Hidup berdasarkan uang saku harian, bukan uang saku bulanan

Mungkin Anda adalah sekian dari ratusan orang yang mencoba untuk menabung dari uang bulanan demi suatu barang, tapi berujung mengambilnya duluan. Maka dari itu, cobalah uang saku per hari.

Walau kedengarannya trik ini seperti anak yang memegang uang per hari, tapi ingatkah Anda ketika masih diberi uang jajan per hari, lalu Anda senang bahwa uang itu masih aman hingga dikembalikan ke orang tua? Cobalah cara ini, walaupun Anda harus rela ke ATM tiap hari.

2. Buat rekening baru untuk menabung, bukan untuk mengambil uang.

Cara ini mungkin akan sedikit susah pada awalnya, karena banyak yang tergoda untuk mengambil uang “terlarang” itu. Karena, fungsi dari akun ini adalah murni untuk menyimpan uang sampai Anda membutuhkannya. Bila masih merasa dilema, cobalah cara ini dengan perlahan.

3. Sabar

Sekalipun akan digoda dengan potongan harga baik di situs online maupun di mall, tapi jangan langsung dibeli. Masukkan barang itu ke daftar keinginan, lalu diamkan selama 3 minggu. Dijamin hasrat untuk membelinya akan berkurang. Lalu, uang Anda akan aman dan bisa membeli kebutuhan yang lain.

Baca Juga: 6 Gaya Busana Gempita, Mulai dari Kasual hingga yang Ngegemesin!

4. Cari hobi yang tidak membutuhkan biaya.

Ini adalah tips yang menyehatkan baik bagi diri sendiri maupun dompet pribadi. Daripada berada di kawasan pusat berbelanja, cobalah untuk membaca dari gawai atau perpustakaan. Aktivitas ini lebih murah bahkan gratis, serta mampu menambah wawasan.

Atau, cobalah berolahraga yang mampu membakar kalori. Misalnya jogging di sekitar rumah, senam bersama teman, atau bahkan bersepeda. Ingatlah untuk selalu berpikir dua kali sebelum mengucapkan selamat tinggal kepada uang yang sudah susah payah untuk didapat. Selamat menabung!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini