nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Usir Rasa Kesepian

Pisca Azalea, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 15:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 23 196 1981794 7-hal-yang-bisa-dilakukan-untuk-usir-rasa-kesepian-AsRXXpHuhy.jpg Ilustrasi (Foto: Lamexpat)

SEBERAPA sering Anda merasa kesepian? Merasa kesepian bisa terjadi kepada siapapun, bahkan sebagian dari kita masih merasa kesepian ketika sudah dikelilingi oleh banyak orang atau berada dalam hubungan yang bahagia.

Penyebab kesepian bervariasi, biasanya karena faktor sosial, mental, emosional dan fisik. Kesepian adalah hal yang setiap orang pasti pernah mengalaminya. Dilansir dari The List, Jum’at (23/11/2018) ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda merasa kesepian agar merasa lebih baik.

Buat daftar hal yang harus dilakukan

Lisa Bahar, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, menyarankan agar Anda membuat daftar hal-hal yang dapat dilakukan sebelum merasa kesepian. Dia mengatakan, langkah pertama adalah membuat daftar sebelum Anda kesepian. Karena sangat tidak mungkin inspirasi akan datang ketika Anda sedang merasa kesepian.

Ia juga memberi saran untuk melakukan kegiatan seperti berkontribusi kepada orang lain, berlari, bersepeda, atau melakukan perjalanan yang dapat membuat Anda merasa lebih baik secara emosional. Bisa juga dengan mendengarkan musik-musik yang anda sukai agar membangkitkan semangat Anda. Mulai sekarang catatlah hal-hal yang ingin Anda lakukan.

 (Baca Juga:Setelah Kopi Ganja, Kini Ada Permen Berbasis Ganja yang Ampuh Mengusir Stres)

Membaca atau mendengarkan cerita

Cara hebat untuk keluar dari rasa kesepian adalah dengan membaca atau mendengarkan cerita. Treder-Wolff, seorang pekerja sosial klinis berlisensi dan psikoterapis, merekomendasikan untuk mendengarkan cerita yang memiliki manfaat untuk membuat Anda merasa bisa terhubung dengan orang lain.

"Mendengarkan cerita adalah cara yang secara emosional menarik dan bebas risiko, selain itu juga mendapatkan wawasan dan perspektif ke dalam situasi sendiri. Hal Ini sangat menghibur untuk kita yang merasa kesepian," ujar Treder.

Menjadi sukarelawan

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk berhenti merasa kesepian adalah memberi bantuan untuk orang lain atau bisa berkontribusi kepada orang lain.

"Dengan membantu orang lain dapat mengurangi rasa kesepian dan memecah siklus negatif yang dapat dihasilkan karena rasa kesepian,” kata Treder-Wolff.

Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal Online menunjukkan bahwa relawan dapat meningkatkan kesejahteraan emosional, terutama bagi orang-orang yang memiliki usia di atas 40 tahun, karena di usia-usia tersebut paling sering merasa kesepian.

 (Baca Juga: Kisah Pilu Gadis Cilik yang Meninggal Setelah Jadi Pengiring Pengantin)

Membuat karya seni

Membuat karya seni bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa kesepian. Karya seni banyak macamnya, bisa saja dengan membuat puisi, berpantun, membuat tembikar maupun lukisan.

Dengan membuat karya seni kita belajar untuk mengekspresikan apa yang kita rasakan. Dengan begini akan menjadi lebih banyak hal yang lebih berharga karena kita mendapatkan keterampilan sekaligus membentuk diri kita.

 

Bermeditasi

Pernahkah Anda bermeditasi? Hal ini benar-benar dapat membantu menghilangkan rasa kesepian. Latihan ini akan membantu Anda mengontrol emosi dan mengelola pikiran, sampai Anda tidak merasa kesepian lagi.

Menggerakkan tubuh

Ketika merasa kesepian, kita cenderung menghabiskan waktu dengan memikirkan hal-hal yang justru membuat kita stres. Cobalah untuk berolahraga atau menggerakkan tubuh seperti menari di dalam rumah atau hanya sekadar mengajak anjing Anda berjalan-jalan. Karena dengan melakukan ini dapat membantu Anda mengalihkan pikiran dari rasa kesendirian.

Hubungi teman atau anggota keluarga

Cobalah untuk menelfon teman, sahabat atau keluarga Anda. Keluarkan semua yang Anda rasakan, tidak peduli seberapa buruknya itu. Anda mungkin merasa sangat kesepian sekarang. Tapi ketahuilah bahwa rasa kesepian Anda akan benar-benar berlalu. Cobalah lakukan beberapa kegiatan yang disarankan diatas. Lalu tersenyumlah dan ketahuilah bahwa kesepian Anda akan berlalu sehingga Anda akan merasa lebih baik lagi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini