nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Ini Dapat Gantikan Fungsi Daging

Romeldo Christian, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 17:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 23 298 1981876 5-makanan-ini-dapat-gantikan-fungsi-daging-z6All3VaN5.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TIDAK bisa dipungkiri, cita rasa dari daging memang menjadi primadona di dunia kuliner. Baik itu daging ayam atau pun daging sapi sama-sama memiliki rasa manis yang khas. Sensasi tekstur dari daging ini juga sangat unik saat dikunyah.

Tapi, jika mengonsumsi terlalu banyak daging juga akan menimbulkan dampak buruk dari tubuh. Mulai dari yang ringan seperti bau badan dan pusing, sampai ke masalah riskan seperti penyakit jantung atau kolesterol.

Memang, protein dari daging sangatlah tinggi. Banyak juga zat-zat yang baik di dalam daging. Tapi, gizi dalam daging sebenarnya dapat ditemukan di makanan lain, bahkan dapat ditemukan di dalam sayuran dan biji-bijian.

Jadi, jika ingin mengurangi efek negatif dari daging, tidak ada salahnya untuk menggantinya dengan beberapa makanan, seperti dilansir dari Huffpost, Jumat (23/11/2018):

 (Baca Juga:Jajal Bikin Susu Goreng yang Lagi Viral)

1. Kacang untuk pengganti protein

 

Anda tidak perlu mengkhawatirkan kekurangan protein. Protein yang dibutuhkan tubuh juga dapat bersumber dari kacang-kacangan. Walaupun tidak memilki protein yang sangat lengkap, kacang dapat memberikan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein yang dibutuhkan oleh tubuh ini dapat bersumber dari kacang, kacang polong, biji-bijian, tahu, dan tempe.

2. Sayur hijau gelap sumber zat besi

 

Tentunya tubuh memerlukan zat besi untuk mengangkut oksiken dari paru-paru ke sel-sel dalam tubuh. Zat ini memang terdapat di daging, tapi tidak hanya di daging. Anda bisa mendapatkan zat besi di sayuran hijau gelap. Zat besi ini dapat diperoleh di makanan seperti kismis, sereal, atau juga sayur bayam.

 (Baca Juga: Kisah Pilu Gadis Cilik yang Meninggal Setelah Jadi Pengiring Pengantin)

3. Biji-bijian memberikan zinc

 

Zinc atau salah satu jenis mineral bersumber dari kacang, biji labu, biji wijen, dan bahkan sereal. Bahan-bahan ini akan memberikan zinc yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan pada tubuh dan juga kekebalan tubuh.

4. Lemak

Walaupun terkesan bersumber dari daging, lemak pun dapat bersumber dari kenari. Lemak jenis ini befungsi untuk peningkatan fungsi mata, otak, sampai jantung. Jika masih merasa kurang, Anda dapat mengonsumsi suplemen DHA yang berbasis alga sebagai pelengkap.

5. Garam beryodium

 

Walau terdengar remeh, yodium merupakan sebuah nutrisi yang penting terutama mencegah penyakit gondok. Zat ini juga dapat meningkatkan fungsi mata, mempersehat kulit, dan membantu pengobatan luka. Konsumsi lah yodium agar kebutuhan daging tidak terlalu diperlukan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini