nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Booking, Ini Aturan Harga Tiket Pesawat untuk Anak yang Perlu Anda Ketahui

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 18:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 23 406 1981944 sebelum-booking-ini-aturan-harga-tiket-pesawat-untuk-anak-yang-perlu-anda-ketahui-SwrOE7QOSk.jpg Ilustrasi (Foto: Nypost)

PERNAHKAH Anda bingung menentukan tiket saat hendak bepergian? Bagi Anda yang sudah dewasa mungkin bisa dengan mudah menentukan tiket perjalanan, namun bagi Anda yang memiliki anak kecil maka akan kebingungan apakah mereka juga membutuhkan tiket.

Tentunya di beberapa sarana transportasi terdiri dari beberapa kategori. Terdapat kategori dewasa dan juga anak-anak. Meski demikian, beberapa penumpang masih belum banyak yang mengetahui hal tersebut.

Dalam maskapai penerbangan contohnya, mereka akan lebih ketat dalam menyeleksi setiap penumpangnya. Ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk mengenai peraturan ticketing sebelum melakukan penerbangan agar tidak merasa dirugikan.

Pilot di maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Rizka Triansyah Leihitu, menjelaskan bahwa dalam setiap penerbangan memiliki kebijakan yang berbeda. Kebijakan ini mengatur ticketing yang ada dalam sebuah maskapai penerbangan.

“Anak-anak dalam kategori penumpang Pesawat adalah yang berusia 2 tahun sampai dengan 12 tahun. Beberapa maskapai memiliki harga khusus untuk anak-anak dan beberapa maskapai tidak memiliki harga khusus alias harga tiketnya sama dengan orang dewasa,” tutur Kapten Rizka, dalam Instagram-nya @ rizkatleihitu, Jumat (23/11/2018).

biaya pesawat

Tentunya dengan kebijakan tersebut anak yang berusia di atas dua tahun wajib memiliki tiket agar dapat ikut terbang bersama orang tuanya. Tak hanya masalah tiket, ada pula peraturan dimana seorang anak harus didampingi dengan orang tuanya. Jadi jika penumpang berusia di bawah tujuh tahun, sang anak tidak dapat terbang seorang diri.

“Walaupun kita merasa anaknya masih kecil dan bisa dipangku, si anak 2 tahun ke atas tetap harus membeli tiket anak dan mendapatkan kursi sendiri. Kemudian anak berusia di bawah tujuh tahun harus didampingi oleh orang dewasa, sementara anak di atas tujuh tahun boleh ikut dalam penerbangan tanpa didampingi orang dewasa,” lanjutnya.

“Anak berusia lebih dari tujuh tahun bisa terbang dengan syarat orang tuanya sudah menandatangani surat pernyataan yang diberikan maskapai dan di tempat tujuan sudah ada yang menjemput dengan identitas yang sudah diberikan orang tua. Ini disebut UNACCOMPANIED MINOR dan akan diberikan tulisan serta dikalungkan pada anak tersebut,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini