nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Anda Sering Rewel saat Terbang? Coba Simak Tips dari Pilot Berikut

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 23 406 1981949 anak-anda-sering-rewel-saat-terbang-coba-simak-tips-dari-pilot-berikut-xv5OP8HkDo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJELANG libur panjang Natal dan Tahun Baru, berlibur merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Tentunya Anda bisa mulai mengeksplorasi berbagai tempat unik dan menarik yang ada di dunia.

Nah, biasanya untuk menghemat waktu perjalanan seseorang akan lebih memilih untuk menggunakan sarana transportasi udara. Ya, pesawat terbang adalah sarana transportasi yang dinilai paling cepat dan murah.

Namun, jika Anda merupakan orang tua yang telah memiliki anak khususnya bayi, pasti Anda akan berpikir dua kali untuk membawanya naik pesawat. Anda tentunya tidak ingin hal yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati kesayangan Anda.

Baca Juga: Viral, Bocah Kehilangan Sendal Sehabis Shalat Jumat, Reaksinya Bikin Netizen Ngakak!

Menjawab masalah ini pilot di maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Rizka Triansyah Leihitu, mencoba membantu dengan memberikan beberapa tips yang dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin bepergian sambil membawa bayi.

Dia menjelaskan, sebagai seorang tua Anda wajib memastikan terlebih dahulu kondisi fisik sang anak. Tentunya dengan kondisi tubuh yang fit, sang anak akan lebih aman dan anteng selama dalam perjalanan. Tentunya kondisi ini akan memudahkan orang tua saat mengasuh anaknya di pesawat.

“Pertama pastikan dulu kondisi kesehatan bayi dengan cara konsultasi ke Dokter Anak, bila perlu minta surat kelayakan terbang ke Dokter Anak. Kemudian sampaikan ke maskapai yg bersangkutan saat membeli tiket bayi,” terang Kapten Rizka, dalam Instagram-nya @ rizkatleihitu, Jumat (23/11/2018).

Baca Juga: Kisah Pilu Gadis Cilik yang Meninggal Setelah Jadi Pengiring Pengantin

Kapten Rizka menegaskan para orang tua tidak perlu khawatir akan kelengkapan yang ada di dalam pesawat. Pasalnya beberapa peralatan keselamatan tambahan telah disiapkan oleh kru pesawat yang akan melindungi sang bayi selama dalam perjalanan.

“Baris kursi memiliki masker oksigen tambahan. Pelampung khusus bayi sudah disiapkan. Sabuk Pengaman bayi menyatu dengan sabuk pengaman yg mendampingi. Oh iya di pesawat ada keranjang bayi juga loh, tapi itu hanya boleh digunakan sesuai petunjuk dari pramugari,” tambahnya.

Tentunya, kondisi emosional bayi berbeda dengan orang dewasa. Oleh sebab itu Kapten Rizka berpesan agar para orang tua dapat memberikan kondisi yang senyaman mungkin bagi sang anak. Tentunya cara tersebut akan mencegah sang anak menjadi rewel dalam perjalanan.

“Buat kondisi senyaman mungkin untuk si bayi, misalnya ngobrol dengan bayi, nyanyi-nyanyi sendiri, atau kalau bayi nangis elus-elus punggung bayi agar terasa nyaman. Usahakan bayi melakukan gerakan seperti menelan saat take off atau mau landing..kalo masih menyusui skalian kasih asi aja biar gak sakit telinganya,” tuntasnya.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini