Miliki Kandungan Bakteri E Coli, AS Imbau Semua Masyarakat Dunia Membuang Selada Romaine

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 23 November 2018 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 23 481 1981590 miliki-kandungan-bakteri-e-coli-as-imbau-semua-masyarakat-dunia-membuang-selada-romaine-3yIo8OSDhE.jpg Salada romaine mengandung E-Coli (Foto: Vt)

MENGONSUMSI sayur tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, terdapat pula serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan manusia. Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih makanan, jangan sampai makanan yang menyehatakan justru mengandung penyakit yang mengancam kesehatan.

Belum lama ini otoritas kesehatan di seluruh AS dan Kanada memperingatkan orang-orang yang ada di negara manapun untuk membuang selada romaine. Pengumuman tersebut sengaja dibuat setelah wabah E coli baru mulai menyebar ke benua Amerika Utara.

Baca juga: Ciri-Ciri Sosiopat yang Harus Dikenali, Sering Tidak Terduga

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah memperingatkan orang-orang agar tidak mengonsumsi selada romaine dalam bentuk apa pun sampai mereka dapat memahami luasnya wabah tersebut. Mereka mengatakan bahwa 13 orang telah terinfeksi di Amerika Serikat dengan satu orang dilaporkan menderita gagal ginjal. Namun, sejauh ini, belum ada kematian yang dilaporkan.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) juga telah berpartisipasi untuk membuang selada romaine, setelah apa yang telah menjadi wabah lain E Coli di Amerika selama setahun terakhir. Hal ini dikemukakan langsung oleh Komisaris FDA Dr Scott Gottlieb

"Sebagian besar selada romaine yang dipanen saat ini berasal dari wilayah California, meskipun ada beberapa selada yang datang dari Meksiko. Sementara itu, CDC telah mengkonfirmasi bahwa penyelidikan selada romaine adalah "berkelanjutan". Mereka juga menegaskan bahwa "semua jenis atau penggunaan" selada romaine perlu dibuang,” jelas Dr Gottlieb.

Oleh sebab itu ia mengimbau kepada para masyarakat untuk sama sekali tidak mengonsumsi selada romaine yang sudah terlanjur dibeli. Mereka wajib membuangnya, karena dapat menyebabkan penyakit serius di kemudian hari.

"Konsumen yang memiliki jenis selada romaine di rumah mereka tidak boleh memakannya dan harus membuangnya, bahkan jika beberapa dari itu dimakan dan tidak ada yang sakit. Saran ini mencakup semua bagian selada romaine. Cuci dan bersihkan laci atau rak di lemari es tempat romaine disimpan,” lanjutnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini