nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Santai Sejenak Lihat Mentari Terbenam di Pantai Tanjung Pendam

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 24 November 2018 11:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 24 406 1982173 santai-sejenak-lihat-mentari-terbenam-di-pantai-tanjung-pendam-fmmawuHQid.jpg Wisata Pantai Tanjung Pendam di Belitung (Foto:April/Okezone)

MASYARAKAT Kabupaten Belitung punya cara tersendiri habiskan sore hari. Mereka tidak berkumpul di restoran atau mall, tapi di tepi pantai yang hanya berjarak sejengkal dari pusat kota.

Ya, Pantai Tanjung Pendam namanya, pantai yang juga dijuluki pantai kota ini hanya berjarak sekira dua kilometer saja, atau setara dengan lima menit waktu tempuh. Sangat dekat bukan? Sore menuju senja alias waktu mentari terbenam menjadi waktu yang tepat untuk memijakkan kaki di atas pasir putihnya yang lembut.

"Air lautnya memang surut seperti itu, tapi nanti juga kembali lagi, normal," ujar Jammie, supir yang mengantar Okezone beserta rombongan tur di Kabupaten Belitung, Sabtu (24/11/2018).

 

Air laut di Pantai Tanjung Pendam memang tampak tidak seperti air laut di pantai pada umumnya, karena terlihat surut seperti akan terjadi tsunami. Menurut penuturan Jammie air laut akan kembali pasang setiap akhir bulan atau saat bulan akan berganti.

"Air laut surut sebulan sekali. Tiap akhir bulan kebalikannya, dia pasang pada malam hari, dan pagi akan surut," imbuhnya.

Saat Okezone berkesempatan menghabiskan senja di tepi Pantai Tanjung Pendam, kami melihat mentari begitu jingga merangkak seolah terpendam di balik kumpulan awan. Para nelayan berlayar mendayung perahu melintasi tampias warna jingga mentari menambah indahnya panorama sore yang akan segera habis berganti malam.

Jika kamu berminat menyambangi Pantai Tanjung Pendam, kamu harus menyiapkan uang sekira Rp 3.000 perorang untuk tiket masuk. Kunjungi Pantai Tanjung Pendam pada sore hari atau Minggu pagi sekira pukul 07.00-09.00 WIB, untuk turut berolahraga di tepi pantai, karena kawasan pantai akan di bebaskan dari kendaraan bermotor yang biasa disebut Car Free Day (CFD).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini