nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Hari Pohon Sedunia, Kebun Raya Gencarkan Koleksi Tanaman Obat

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 24 November 2018 23:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 24 406 1982344 peringati-hari-pohon-sedunia-kebun-raya-gencarkan-koleksi-tanaman-obat-rnpiiXiLFE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OBJEK wisata kebun raya tidak hanya punya koleksi banyak pohon besar dan tua umurnya. Ada jenis lainnya, seperti Tanaman obat yang cantik dan punya khasiat.

Area kebun raya memang punya banyak potensi untuk koleksi tanaman langka. Termasuk tanaman obat yang khas Indonesia yang punya banyak manfaat.

Nah, bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia, Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) mengadakan Jaga Bhumi periode ke-2, tahun 2018-2019. Kegiatan ini jadi salah satu hal penting bagi pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia.

"Kami buat sebuah gerakan dengan misi menyelamatkan plasma nutfah Indonesia, melalui revitalisasi dan peningkatan jumlah tanaman di Kebun Raya," ujar Ketua YKRI Michael Sumarijanto kepada Okezone.

Baca Juga: 4 Penyebab Insomnia yang Jarang Disadari, Begini Cara Mengatasinya

Karena ingin melestarikan tanaman berkhasiat itu, dibuatlah Kebun Raya Tanaman Obat. Satu yang baru dari rangkaian gerakan adalah Botanicum.

Lokasi tersebut berupa kawasan edukasi luar ruang, yang memberikan narasi kreatif konservasi botani, bagi generasi muda dan masyarakat Indonesia. Botanicum juga merupakan hasil rekayasa kawasan ruang terbuka hijau menjadi area publik. Sehingga bisa digunakan sebagai ajang edukasi, interaksi dan ekowisata dalam kota.

Gerakan tersebut nantinya akan kembali melibatkan banyak pemangku kepentingan. Mulai dari pemerintah dan swasta, komunitas aktivitas, mahasiswa dan pelajar, pekerja dan pengusaha, keluarga muda, pehobi, serta industri terkait.

Mengingat, Indonesia memiliki sekitar 30.000 hingga 40.000 jenis tumbuhan. Melalui penelitian Riset Tumbuhan dan Jamu (Ristorja; tahun 2012-2017) oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), tercatat Indonesia memiliki sejumlah 6.000 sampai 7.500 tanaman obat. Ini tentunya jarang didapati di negara lainnya, dengan jumlah tanaman obat yang melimpah.

Baca Juga: Andalkan Hijab Segiempat, Istri Ridwan Kamil Selalu Tampil Mempesona

“Inisiasi ini sangat penting, karena salah satu kekuatan di Indonesia adalah sumber Kehati yang tinggi sekali. Kami mengajak masyarakat luas untuk terus melakukan pelestarian, serta menggali potensi untuk menciptakan Kebun Raya Tanaman Obat di Indonesia," imbuh Wakil Ketua II YKRI Sonny A Keraf.

Diharapkan dengan adanya tempat pengelolaan tanaman seperti itu, masyarakat jadi kenal dan tahu banyak jenis tanaman obat. Di sisi lain, Anda juga harus peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

(mrt)

Berita Terkait

Obama ke Kebun Raya Bogor

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini