nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Air Dingin, Ini 4 Makanan Hilangkan Rasa Pedas yang "Membakar" Lidah

Romeldo Christian, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 06:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 25 298 1982387 bukan-air-dingin-ini-4-makanan-hilangkan-rasa-pedas-yang-membakar-lidah-899YivLu8A.jpg Ilustrasi (Foto: Takeout)

TERKENAL dengan wilayah yang menumbuhkan tanaman herbal paling baik, hasil panen herbal Indonesia pasti juga diolah oleh masyarakatnya. Oleh karena itu, tidak jarang beberapa makanan memiliki cita rasa yang pedas.

Tapi, apakah lidah semua orang dapat menerima rasa pedas tersebut? Tentunya tidak, maka dari itu banyak juga orang yang merasa kepedasan setelah mengonsumsi sebuah hidangan.

Dalam hal ini, memang lebih enak jika meminum air dingin karena terasa mendinginkan mulut. Padahal, mengonsumsi air dingin akan menutup pori-pori dalam lidah dan membuat rasa pedas tersebut tetap berada di pori-pori. Alhasil, rasa pedas justru akan terasa lebih lama.

Jadi, apakah yang harus dilakukan? Dilansir dari NDTV, inilah beberapa hidangan yang cocok untuk meredakan rasa pedas:

1. Susu

 

Karena mengandung protein kasein yang berguna untuk menenangkan rasa pedas dengan cara memecahkann rasa pedan dan memberikan efek tenang pada mulut atau lidah. Susu juga memiliki bentuk non-polar, sama seperti capsaicin yang terdapat pada cabai. Hal ini mengakibatkan penolakan antara kedua zat tersebut, sehingga dapat menangkal rasa pedas.

 (Baca Juga:Tampil dengan Hijab, Gaya Arsy Hermansyah Ini Semakin Menggemaskan)

2. Gula atau madu

Memang gula dan madu adalah makanan yang manis dan berlawanan dengan rasa pedas. Tapi, yang meredakan adalah sifat dari kedua bahan tersebut. Capsaicin yang terdapat pada cabai adalah bahan yang berbentuk minyak yang akan terserap jika terkena gula atau madu. Karena itu lah gula atau madu akan sangat membantu meredakan rasa pedas.

3. Roti

 

Konsumsi lah roti yang tawar atau tidak memiliki rasa. Hal ini akan membantu untuk menenangkan mulut karena bahan yang terdapat pada roti akan menjadi penghalang alami bagi rasa pedas pada mulut.

4. Lemon

Bahan yang memiliki asam pun juga dapat mentralisir rasa pedas dalam mulut. Oleh karena itu, buah lemon akan sangat membantu. Beberapa bahan yang juga mengandung asam dan dapat menetralkan rasa pedas adalah jeruk dan nanas.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini