nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Sembarangan, Lakukan 3 Hal ini agar Tekstur Roti Lebih Lembut

Romeldo Christian, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 14:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 25 298 1982481 tidak-sembarangan-lakukan-3-hal-ini-agar-tekstur-roti-lebih-lembut-HoecAdvsKl.jpg Ilustrasi (Foto: Taste)

ROTI adalah hidangan yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat saat ini. Di saat-saat seperti apa pun roti akan menjadi pilihan karena praktis.

Namun, siapa sangka,Bahkan, roti memiliki tingkat keesulitan dan kesabaran lebih tinggi dari kue. Jika Anda membuat roti, yang sangat diperlukan adalah kesabaran.

"Roti itu memang perlu kesabaran. Perlu waktu. Enggak seperti cake yang langsung jadi," terang Chef Vindex Tengker saat ditemui dalam acara SIAL Interfood di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 24 November 2018. Lalu, bagaimana kunci dalam membuat roti yang sempurna? Ini tipsnya dari Chef Vindex:

 (Baca Juga:Bukan Air Dingin, Ini 4 Makanan Hilangkan Rasa Pedas yang "Membakar" Lidah )

1. Sabar

"Kalau bikin roti, kita harus mengembangkan terlebih dahulu," terang Chef Vindex Tengker.

Inilah yang menjadi alasan kenapa harus bersabar. Tidak seperti olahan lain, roti membutuhkan waktu yang agak lama pada pembuatannya dan juga pengembangannya. Dalam pengembangannya pun harus dilakukan secara benar.

Chef Vindex juga mengatakan bahwa jangan sampai mengurangi waktu mengembang pada adonan roti. Sabar.

 

(Foto: Romeldo/Okezone)

2. Pilih tepung berprotein tinggi

Roti yang memiliki tekstur yang unik tentunya memerlukan suatu zat yang tepat untuk membentuknya. Zat itu adalah gluten. Dalam hal ini, yang Anda butuhkan adalah tepung dengan protein tinggi karena mengandung lebih banyak gluten.

"Roti itu perlu gluten. Untuk membentuk tekstur, rasa, kekenyalan dan segala macamnya, roti perlu gluten," jelas Chef Vindex.

 (Baca Juga:Bakar 200 kalori dalam 30 menit Tanpa Nge-gym, Ini Caranya)

(Foto: Romeldo/Okezone)

3. Pilih tepung dengan kadar abu sedikit

Sebenarnya, beberapa persen dari terigu adalah abu. Walaupun persentasenya hanya sedikit, abu ini akan memengaruhi kualitas roti. Karena itu, pakailah tepung dengan kadar debu paling rendah.

"Nantinya akan lebih lembut teksturnya, mengembang, lebih tahan, dan tidak kering," terang Budianto Wijaya, selaku Sales & Marketing Director PT Bungasari Flour Mills Mill, saat peluncuran produk terbaru dari tepung Bungasari.

Cara mencari terigu dengan persentase abu yang sedikit pun mudah, dapat dilihat pada kemasan dan juga dilihat pada warnanya. Semakin putih semakin sedikit pula abunya. Tapi, pastikan dalam kemasan bahwa tepung tersebut tidak mengandung pewarna.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini