4 Jenis Teh Tepat untuk Diseduh di Musim Berbeda

Romeldo Christian, Jurnalis · Senin 26 November 2018 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 25 298 1982659 4-jenis-teh-tepat-untuk-diseduh-di-musim-berbeda-St3zu2MWxa.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TIDAK hanya menjadi seduhan biasa, teh juga dapat menjadi minuman yang nikmat di setiap suasana. Di saat sedih atau senang teh dapat menjadi teman di sore hari.

Tidak hanya di suasana yang berbeda, teh juga dapat menemani di setiap musim. Dengan mencampurkan beberapa bahan tambahan, teh dapat dinikmati sesuai suasana atau suhu dari suatu musim.

"Teh itu jenisnya banyak sekali dan itu dapat diminum dalam keadaan apa pun," terang Jon Liman, perwakilan Smoking Barrels dalam perlombaan Tea Mixologist di SIAL Inter Food, JiEXPO, Kemayoran, Jakarta pada Sabtu, 24 November 2018.

 (Baca Juga:Jadi Favorit Wisman, Labuan Bajo Targetkan Kunjungan Wisnus Lebih Banyak)

Tidak hanya dua musim seperti di Indonesia, dengan campuran yang bermacam-macam, teh dapat menjadi teman bersantai di empat musim. Berikut empat teh yang cocok untuk mewakili musim panas, dingin, gugur, dan semi:

1. Musim Panas


Untuk menciptakan rasa yang cocok saat musim panas yang identik dengan pantai, teh dicampur dengan dengan buah yang segar dan asam.

"Karena temanya segar, saya campur green tea dengan nanas," terang Jon Liman. Pemilihan green tea dilakukan karena teh jenis ini lebih mudah untuk dicampur bahan lain.

 (Baca Juga:Mengenal Kebudayaan Jepang yang Unik Melalui Moshi-Moshi)

2. Musim Dingin


Walaupun musim dingin, teh tidak perlu bersuhu hangat. Campur green tea dengan bahan yang segar dan menciptakan suasana dingin. Lalu hidangkan suatu makanan dengan rasa hangat. Contohnya makanan yang memiliki cita rasa jahe. Perpaduan antara teh dingin dan jahe yang hangat akan menciptakan suasana musim dingin yang hangat.

3. Musim Semi


Karena musin semi identik dengan sesuatu yang manis dan berbunga, penggabungan yang dilakukan pun seperti itu. Pilih teh yang bercita rasa manis lalu gabungkan dengan teh yang bercita rasa bunga. Dalam hal ini, Jon menggunakan teh asli Jawa Barat untuk menciptakan rasa manis dan emmili.

4. Musim Gugur


Untuk musim gugur, teh yang cocok adalah yang bercita rasa hangat. Dalam hal ini, Jon menggunakan teh dari Bali yang memiliki aroma bambu dan teh asal China yang yang memiliki rasa seperti ubi. Uniknya, teh yang berasal dari China ini dipanen saat musim gugur.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini