nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemegahan Api Abadi Jadi Inspirasi Kemeriahan Festival Geopark Bojonegoro

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 17:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 25 406 1982473 kemegahan-api-abadi-jadi-inspirasi-kemeriahan-festival-geopark-bojonegoro-ZVLLzp0qq8.jpg Festival Geopark Bojonegoro (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

WISATA Api Abadi Kayangan Api di Bojonegoro menjadi landmark bagi kehadiran festival Geopark Bojonegoro. Sebuah peninggalan sejarah panjang peradaban Tanah Air.

Festival pun didesain semenarik mungkin dengan mengedepankan interaksi pengunjung dan wisatawan di api abadi yang pernah digunakan Mbah Kriyo Kusuma alias Mpu Supa, salah seorang pembuat keris dari Kerajaan Majapahit.

Diselenggarakan selama Sabtu hingga Minggu 24 - 25 November 2018, festival ini ditargetkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Geopark Kayangan Api dan wisata geologi lainnya yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro. Bukan hanya itu, kolaborasi budaya dan seni melalui tari kayangan api, tari thengul, dan tayub memberikan gambaran betapa kayanya kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

 (Baca Juga: Bakar 200 kalori dalam 30 menit Tanpa Nge-gym, Ini Caranya)

Tari kayangan api menceritakan legenda kayangan api, di mana saat zaman Kerajaan Majapahit terdapat satu pembuat keris yang bernama Mpu Supa alias Mbah Kriyo Kusumo yang bersemayam di Api Abadi Kayangan Api untuk membuat keris dan pusaka lainnya. Api ini memang menjadi satu dari beberapa sumber api yang tak pernah padam meski musim penghujan datang.

Sementara tari thengul yang terinspirasi dari wayang thengul khas Bojonegoro berpadu ritmis dengan iringan musik tradisional dan modern seperti gamelan, oklik, biola, gitar hingga drum.

 

Tak hanya tarian tradisional khas Bojonegoro, kuliner khas Bojonegoro mulai dari nasi pecel daun jati, lemet, sego buwuhan, hingga sayur ikan pe turut memanjakan wisatawan dan masyarakat yang hadir.

"Harganya juga terjangkau dan memang menunya tradisional khas Bojonegoro," ungkap Dwi Puspita Ningrum, salah seorang pengunjung asal Bojonegoro kota ini.

 (Baca Juga:Bukan Air Dingin, Ini 4 Makanan Hilangkan Rasa Pedas yang "Membakar" Lidah)

Wakil Bupati Budi Irwanto yang membuka langsug acara turut memberikan apresiasi penyelenggaraan Festival Geopark yang baru pertama kali dilaksanakan.

"Ini sebagai wujud mempromosikan wisata Bojonegoro. Kita ketahui Bojonegoro memiliki beberapa wisata geopark salah satunya kayangan api dan Teksas Wonocolo," ujarnya kepada Okezone, Sabtu malam, 24 November 2018.

 

Ke depan menurut Wawan, sapaan akrabnya, festival-festival yang berkaitan promosi wisata lokal Bojonegoro akan terus digalakkan.

"Kita akan lanjutkan festival-festival lainnya ke depannya. Potensi wisata di Bojonegoro sangat banyak bagus jika diadakan festival-festival yang lain untuk mempromosikan wisata Bojonegoro," terangnya.

Tak cukup sampai di situ, penyanyi jebolan Indonesia Idol, Regina dan musisi Djaduk Ferianto juga turut menghibur ribuan masyarakat dan wisatawan yang berbaur menghangatkan suasana di udara dingin di kawasan hutan jati.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini