Ajak Masyarakat Makan Ikan, Susi Pudjiastuti Beberkan Manfaatnya

Blenda Azaria, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 25 481 1982496 ajak-masyarakat-makan-ikan-susi-pudjiastuti-beberkan-manfaatnya-OJjOOW6kqQ.jpeg Susi Pudjiastuti kampanyekan gemar makan ikan (Foto: Blenda/Okezone)

BANYAK manfaat yang dapat kita peroleh dengan memakan ikan. Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung berbagai macam vitam dan mineral yang berguna untuk tubuh.

Ironisnya, di Indonesia sendiri yang merupakan negara maritim, tingkat konsumsi ikan masih rendah. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia, salah satunya dengan cara menyelenggarakan kampanye demi menggencarkan kebiasaan gemar ikan.

 

(Ikan patin, foto: Utami Riyani/Okezone)

(Baca Juga:Bakar 200 kalori dalam 30 menit Tanpa Nge-gym, Ini Caranya)

Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke-5 yang jatuh pada 21 November 2018 lalu serta HUT Korpri ke-47, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan acara soft launching komunitas pecinta kuliner ikan yang diberi nama “Seafood Lovers Millennials” atau SeaLoveMi. Acara ini diadakan di Plaza Timur, kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (25/11), mulai pukul 06.30-10.00 WIB.

Tujuan dari acara ini adalah untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya kaum milenial agar gemar mengonsumsi ikan. Ketika acara ini berlangsung, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyampaikan acara ini diadakan untuk menghargai para penangkap ikan, para budidaya ikan, serta para pengolah ikan.

 

(Foto: Blenda/Okezone)

"Lalu yang kedua, (untuk) kampanyekan gemar makan ikan supaya orang Indonesia makin tinggi tingkat konsumsi ikannya,” ujar Susi.

 (Baca Juga:Bukan Air Dingin, Ini 4 Makanan Hilangkan Rasa Pedas yang "Membakar" Lidah)

Menurut Susi, kita sebaiknya mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak konsumsi seafood.

“Sebaiknya (kita) mengurangi daging karena di Jakarta kebanyakan makannya ayam, statistik makan seafood-nya masih rendah. Nah, ini yang kita inginkan, karena ikan kita juga makin banyak,” tambahnya.

Selain sebagai sumber protein, Susi menjelaskan dengan mengonsumsi ikan, kita bisa ikut serta membantu para petani ikan. “supaya ikan hasil tangkapan para petani ikan dan pembudidaya terjual. Bisnis mereka gencar kalau kita gencar juga makan ikannya,” lanjut Susi.

Sebagai salah satu rangkaian dari acara ini, Susi pun ikut turun tangan memasak ikan bersama Chef Marinka dan Chef Chandra di atas panggung.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini