nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Mengurangi Penggunaan Plastik, Menteri Susi: Jangan Pakai Sedotan Kalau Minum!

Blenda Azaria, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 25 481 1982505 demi-mengurangi-penggunaan-plastik-menteri-susi-jangan-pakai-sedotan-kalau-minum-KFB2faUeCm.jpg Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Arif Julianto/Okezone)

INDONESIA dikenal sebagai negera kepulauan karena terdiri dari beribu pulau yang pantainya indah bukan main. Oleh karena itu, banyak wisatawan lokal maupun asing yang menjadikan pantai sebagai tujuan berkunjung saat travelling ke Indonesia. Namun, sering enggak sih kalian menemukan sampah-sampah berserakan di sepanjang pantai dan laut? Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun ikut mengomentari hal ini.

Susi menghadiri acara soft launching komunitas pecinta kuliner ikan bernama “Seafood Lovers Millennials” atau SeaLoveMi yang diadakan di Plaza Timur, kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (25/11). Dalam acara itu, Susi mengajak masyarakat agar gemar ikan dan menjelaskan tentang berbagai manfaatnya. Selain itu, Susi juga mengajak masyarakat Indonesia agar mengurangi pemakaian plastik.Selain itu, Susi juga mengajak masyarakat Indonesia agar mengurangi pemakaian plastik.

(Foto: Blenda/Okezone)

 (Baca Juga:Ajak Masyarakat Makan Ikan, Susi Pudjiastuti Beberkan Manfaatnya)

Peraturan yang mengatur tentang sampah di laut tercantum di Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 83 tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut. Susi menyebut rencana aksi nasional ini perlu didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Peraturannya sudah ada dalam perpres, sudah ditandatangani Pak Presiden tahun ini, tahun 2018. Sudah ada rencana aksi nasional penanganan sampah plastik di laut. Sebagai (diri) pribadi, sebagai menteri, dan sebagai warga Indonesia, kita semua harus mendukung program ini sebagai program nasional negeri kita,” kata Susi.

 (Baca Juga:Bukan Air Dingin, Ini 4 Makanan Hilangkan Rasa Pedas yang "Membakar" Lidah)


 fakta bahwa pulau tujuan pariwisata yang tadinya indah namun sekarang dipenuhi oleh sampah-sampah plastik.

(Foto: Blenda/Okezone)

Susi juga menyayangkan fakta bahwa pulau tujuan pariwisata yang tadinya indah namun sekarang dipenuhi oleh sampah-sampah plastik. “Pulau-pulau kecil yang indah dan dijadikan (objek) pariwisata namun banyak sedotan berserakan di sepanjang pantai,” bebernya.

Menurut Susi, banyak sekali cara untuk mengurangi pemakaian plastik, salah satu cara mudahnya adalah dengan cara tidak menggunakan sedotan plastik ketika minum es kepala muda.

“Saya minta kita semua jangan pakai sedotan kalau minum. Minum kelapa muda aja pakai sedotan. (Padahal) air kelapa (jika) menetes ke kulit saja ya tidak akan merusak kulit,” tambahnya lagi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini