nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenis Kecoa Ini yang Dipilih Ilmuwan untuk Menciptakan Tepung Kecoa yang Fenomenal!

Risda Nadiva, Jurnalis · Senin 26 November 2018 09:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 26 298 1982771 jenis-kecoa-ini-yang-dipilih-ilmuwan-untuk-menciptakan-tepung-kecoa-yang-fenomenal-NmPuTyOEFW.jpg Jenis Kecoa yang dijadikan tepung kecoa protein tinggia (Foto: Munchies)

SELAMA ini, kecoa selalu saja membuat kehidupan kita resah dan selalu was-was. Kali ini Anda akan dibuat terkejut sekaligus geli dengan kue berbahan dasar campuran serangga ini, seperti yang dilansir vice pada Senin (26/11/2018).

Dua ilmuwan asal Federal University dari Rio Grande di Brazil berhasil mengembangkan suatu temuan baru yang mungkin mencengangkan, yakni tepung kecoa. Ya, tepung yang terbuat dari serangga rumahan ini mengandung 40% protein lebih banyak dibanding tepung biasa.

Pengembangnya ialah Andressa Lucas dan Lauren Menegon yang merupakan lulusan teknik pangan. Temuan ini dilakukan sebagai suatu cara hemat untuk memproduksi makanan, tapi tetap bernutrisi.

Baca juga: 10 Daftar Wanita Tercantik di Dunia 2018, Nomor 1 dari Asia Tenggara!

Alasan memanfaatkan kecoa, karena banyak mengandung esensial asam amino dan beberapa asam lemak yang bisa membantu menyeimbangkan kesehatan dan untuk diet.

Namun, jenis kecoa yang dipakai untuk membuat tepung ini berbeda lho. Jenis Nauphoeta Cinerea dikenal lebih higienis, dan inilah yang digunakan karena makanannya buah dan sayuran. Jadi, jangan bayangkan kecoa rumahan yang suka di kamar mandi ya!

Seorang pengamat studi, profesor Myrian Salasa Mellado mengatakan, “Sepuluh persen tepung kecoa dapat menggantikan tepung yang digunakan dalam resep, jadi roti tepung kecoa rasanya tetap sama dengan yang tanpa mengandung serangga”

Menurut Lucas dan Lauren, mereka telah mengembangkan penelitian ini pada tahun 2014 sebagai proyek tugas akhir. Setelah lulus, mereka melanjutkan proyek ini sejak mendapatkan hasil yang luar biasa. Keduanya juga mendapatkan sponsor dari sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi makanan memanfaatkan serangga.

Meski terdengar menjijikan, kecoa jenis ini lebih banyak mengandung sumber protein tertinggi hampir 70% yang terdiri atas 8 dari 9 esensi asam amino yang memiliki asam lemak berkualitas baik (seperti omega-3 dan omega-9).

Awalnya, banyak orang menolak mencoba roti temuan dua ilmuwan ini, tentu saja geli. Menariknya, setelah menyicipinya tak sedikit orang yang kaget sekaligus heran. Rasanya hampir sama dengan roti biasa karena saat membuatnya ditambah banyak bahan, seperti sereal bar.

Dari temuan tersebut, roti yang dibuat dengan tambahan 10% kecoa cinerea terbukti 49.16% kandungan proteinnya meningkat dibanding tepung biasa. Tak hanya itu, tepung ini bisa dijadikan formula makanan apa pun! Cukup menambahkannya sedikit saja.

Ia juga percaya pada tahun 2050 nanti tidak akan ada daerah yang menyediakan bahan makanan untuk menampung ledakan populasi manusia. Untuk itu, serangga jadi pilihan yang aman sekaligus berprotein di masa yang akan datang. Apalagi dengan temuan baru ini yang sangat mencengangkan dunia.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini