nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gado-gado Jadi Makanan Favorit Turis Asing, Alasannya Apa Ya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 26 November 2018 14:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 26 298 1982813 gado-gado-jadi-makanan-favorit-turis-asing-alasannya-apa-ya-K7hvMORyGB.jpg Gado-Gado Disukai Turis (Foto: Ist)

INDONESIA sangat terkenal dengan makanan rendang, nasi goreng, atau juga sate. Panganan ini pun diakui dunia sebagai makanan yang enak untuk disantap.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa ada makanan lain yang ternyata jadi favorit turis mancanegara. Makanan tersebut adalah gado-gado. Hal ini juga dijelaskan Andi Ananto, General Manager Mola Mola Resort Gili Air Lombok.

Baca juga: 10 Daftar Wanita Tercantik di Dunia 2018, Nomor 1 dari Asia Tenggara!

"Tahu tidak kalau bule-bule itu ternyata suka makanan berbumbu kacang, ya, salah satunya itu gado-gado," kata Andi pada Okezone saat diwawancarai di Beverly Hills Bali DHM, belum lama ini.

Bule-bule yang dimaksud ini antara lain berasal dari Norwegia, Finlandia, Denmark, Iceland, dan Swedia. Mereka, sambung Andi, bahkan bisa sampai 'ngegadoin' bumbu kacangnya saking mereka suka.

Baca juga: Jenis Kecoa Ini yang Dipilih Ilmuwan untuk Menciptakan Tepung Kecoa yang Fenomenal!

Selain gado-gado, makanan berbumbu kacang lain yang disukai para turis mancanegara ini adalah karedok dan pecel. Ya, intinya makanan yang memang bisa diberikan bumbu kacang. "Tapi, bule ini tidak suka dengan bumbu kacang yang terlalu halus, jadi mereka itu suka dengan bumbu kacang yang diulek langsung bukan dihaluskan dengan alat," papar Andi.

Selain karena teksturnya yang khas, para bule ini juga suka karena rasanya yang ternyata cocok dengan lidah mereka. "Rasanya di sini khas dengan penambahan cabai yang tidak terlalu banyak. Hanya ada rasa hangat, tidak sampai membuat mereka kepedesan," tambah Andi lantas tertawa.

Di lain sisi, Anda mesti tahu bahwa proses membuat bumbu kacang itu sendiri mendapat perhatian khusus para turis asing ini. "Makanya, kalau di Mola-Mola Resort Gili Air Lombok, kita sediakan cooking class untuk mereka dan yang menariknya ternyata bule-bule ini suka sekali 'ngulek' bumbu kacang," terang Andi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini