nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Makanan yang Berbahaya untuk Anak, Hindari Sebelum Terlambat!

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 26 November 2018 16:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 26 298 1982935 7-makanan-yang-berbahaya-untuk-anak-hindari-sebelum-terlambat-x9MydbZWjj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI makanan yang lezat, tentu menjadi keinginan semua masyarakat. Namun, bukan hanya makanan yang lezat saja yang harus diperhatikan tapi nilai kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Biasanya anak-anak yang paling sering mengalami masalah dalam hal makanan. Mereka cenderung mikirkan rasa yang enak ketimbang dampak kesehatan yang terdapat pada makanan tersebut.

Membuat anak-anak mengonsumsi makan sehat lebih dari sekadar tugas dan tantangan bagi para orangtua. Untuk menjawab hal tersebut, bahkan beberapa restoran menciptakan menu khusus anak-anak untuk memenuhi syarat sebagai makanan sehat.

Meski demikian, beberapa orangtua masih banyak yang belum mengetahui beberapa makanan yang sebenarnya kurang menyehatkan bagi anak-anak. Menu ini nyatanya kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari lho. Melansir dari Times of India, Senin (26/11/2018), Okezone akan membahasnya.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, 5 Meme Kocak Ini Bikin Teringat ke Masa Sekolah


1. Jus buah dan soda

Meski terlihat menarik dan menggugah selera, namun menu ini benar-benar tidak sehat. Setiap jenis soda jauh dari bergizi dan dikemas dengan gula serta kalori.

Bahkan jus yang tersedia bukanlah pilihan yang sehat. Pilihlah ke air mineral atau susu. Bahkan susu cokelat adalah pilihan yang lebih sehat karena setidaknya menawarkan beberapa protein dan kalsium.


2. Chicken fingers


Chicken fingers adalah salah satu pilihan paling populer di menu makanan anak-anak. Meskipun ayam sehat tetapi tidak setelah digoreng. Versi yang digoreng penuh dengan sodium dan kalori. Pesan ayam bakar saja, karena memanggang ayam membuat perbedaan besar dengan nilai gizinya.


3. Chicken pasta

Pasta ayam sama seperti ayam goreng. Makanan ini dikemas dengan sodium dan kalori yang berasal dari lemak. Jika ayam dilapisi tepung roti dan memiliki keju sebagai salah satu bahannya, maka tentunya akan lebih berbahaya. Sebaiknya, hindari memberikan makanan ini kepada anak-anak Anda sepenuhnya.

Baca Juga: 65 Hari Tanpa Matahari? Utqiagvik Berikan Kehidupan Layaknya di Luar Angkasa


4. Butter pasta

Butter pasta adalah pilihan yang menjadi kesukaan banyak anak-anak, tetapi makanan ini sangat rendah nutrisi dan tidak bernilai. Lebih baik memberi makan anak Anda dengan roti dan mentega sederhana daripada pasta mentega yang super mahal.

5. Fancy bread

Anak-anak menyukai makanan yang sarat dengan karbohidrat, yang menjadikan nasi dan roti sebagai makanan favorit mereka. Tidak perlu menghindari karbohidrat sama sekali, Anda hanya harus membatasi porsinya. Gunakan gandum utuh sebagai sumber protein utama mereka.

6. Dessert manis

Sama sekali tidak ada yang salah dengan merayakan acara khusus dengan menikmati dessert. Tapi perlu diingat bahwa makanan mania ini diisi dengan gula dan kalori.

Sebagian besar makanan ini mengandung lebih banyak kalori dan sangat berbahaya apabila anak kecil harus mengonsumsinya sekaligus. Pesan satu hidangan pencuci mulut dan minta anak-anak Anda untuk berbagi di dengan anak-anak lainnya atau orang tuanya.

7. Burger

Burger biasanya menempati posisi teratas di menu makanan anak-anak. Tapi cheese burger ini digolongkan sebagai makanan terburuk di antara banyak pilihan yang tersedia untuk anak-anak. Anda dapat memilih opsi makanan yang dipanggang dan menambahkan beberapa buah sebagai lauknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini