nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengunjungi SD Muhammadiyah Gantong yang Legendaris di Belitung

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 26 November 2018 10:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 26 406 1982788 mengunjungi-sd-muhammadiyah-gantong-yang-legendaris-di-belitung-mUkAgphO0P.jpg SD muhammadiyah Gantong. (Foto: Okezone/April)

PERNAH menonton Laskar Pelangi? Sebuah film yang bercerita tentang kehidupan anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Belitung. Film tersebut tidak hanya menampilkan akting para pemainnya, namun juga keindahan Pulau Belitung.

Dengan pasir putih dan pantai yang memukau, menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menggemari travelling. Nah, yang juga tidak kalah tenar adalah SD Muhammadiyah Gantong.

SD Muhammadiyah Gantong memang bukan sekolah sungguhan, melainkan hanya replika dari tempat belajar. Terletak cukup jauh dari pesisir pantai, kita harus berjalan sedikit mendaki penuh dengan jalan berpasir.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, 5 Meme Kocak Ini Bikin Teringat ke Masa Sekolah

Akan tetapi, walau hanya replika, tampilannya sungguh membuat tertegun. Bagaimana tidak, mirip seperti pada film, bangunan sekolah yang terbuat dari susunan papan itu seolah tiada akan berdaya tanpa topangan dua bongkah batang kayu.

Bangunannya hanya terdiri atas dua lokal alias ruang kelas. Saat Okezone mencoba memasukinya hanya ada satu kelas saja yang terbuka pintunya.

Sekolah itu pun sudah menjadi salah satu destinasi andalan Kabupaten Belitung tersebut. Meski demikian, SD tersebut jauh dari kata layak. Reyot, lusuh, berdebu, dan tanpa keramik. Di depan ruang kelas ada sebuah tiang bendera dengan kain bendera yang juga tampak berubah warnanya, kainnya pun sudah robek di ujung bagian.

Baca Juga: Sering Cuci Tangan Pakai Air Kobokan? Ini Fakta Harus Diketahui

Sekolah yang menjadi tempat belajar Lintang dan kawan-kawan tersebut memiliki enam buah pasang meja dan kursi murid, sepasang meja dan kursi guru, sebuah papan tulis hitam, dan dua foto pahlawan, yaitu Hamengkubuwono dan Cut Nyal Dhien yang sudah lusuh berdebu.

Nah, bagi kamu yang berminat ke SD Muhammadiyah Gantong, sekolah ini memiliki jam kunjungan setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Cukup merogoh kocek Rp 5.000 saja untuk sekali masuk dan membawa pulang pengalaman baru, jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan teknologi canggih yang biasa kita gunakan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini