Kenali Gejala, Penyebab dan Tips Pengobatan Hidung Tersumbat pada Bayi

Noor Chotijah , Jurnalis · Senin 26 November 2018 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 26 481 1982690 kenali-gejala-penyebab-dan-tips-pengobatan-hidung-tersumbat-pada-bayi-Mkcb2eMx5S.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KITA sebagai orang tua tentu saja selalu memberikan perawatan yang terbaik untuk sang bayi, tetapi masih saja mereka mudah terserang penyakit. Semua itu disebabkan karena kekebelan tubuhnya masih sangat rentan dan sensitif hingga para orang tua harus ekstra hati-hati untuk merawatnya.

Biasanya bayi juga sangat rentan terkena pilek yang mengganggu pernafasan hingga rewel dan membuat para orang tua cemas. Hidung tersumbat adalah gejala awal yang dapat mengakibatkan bayi sulit bernafas, hal ini diperparah dengan kondisinya yang belum mampu mengeluarkan lendir sendiri.

Orang dewasa pun tidak ada yang nyaman dengan hidung mampet ini, apalagi jika terjadi pada bayi. Jadi, apa yang harus dilakukan sebelum berkonsultasi dengan dokter? Pertama-tama, kenali dulu gejala awal apa yang timbul pada bayi, dan jangan dulu membeli obat yang memiliki dosis kurang jelas.

Kedua, berhenti khawatir, karena masih ada pengobatan rumah yang efektif hingga benar-benar berfungsi untuk bayi Anda. Berikut ada beberapa gelaja dan tips mengatasi hidung tersumbat pada bayi di rumah, lansiran dari Boldsky, Senin (26/11/2018).

Beberpa gejala yang harus Anda ketahui seperti adanya pernapasan berisik, mendengkur, hidung berair, bersin, dan memerah. Lalu mengapa bayi bisa merasakan hidung tersumbat? Karena bayi memiliki sistem biologis dalam tahap perkembangan tubuh, membuat mereka mengalami kelemahan fisik hingga rentan dengan penyakit.

Ada beberapa penyebab paling umum yang timbul:

· Common cold

Sering menggosokan tangan pada hidung karena terasa gatal, dalam hal ini bayi atau orang dewasa pasti melakukannya, karena hidung tersumbat. Berbagai jenis virus dapat menyebabkan flu biasa yang mengarah ke peradangan pada lapisan dalam hidung, akibatnya, lebih banyak lendir yang diproduksi.

· Alergi dan iritasi

Ada sejumlah alergi dan iritasi yang tak terhitung jumlahnya dapat memicu hidung tersumbat. Misalnya, alergi terhadap serbuk sari atau zat lainnya masuk ke dalam hidung pasti akan menyebabkan peradangan, maka dari itu hidung meler karena kelebihan sekresi lendir.

· Influenza

Virus influenza dapat mempengaruhi bukan hanya hidung, tetapi juga tenggorokan dan paru-paru, sehingga merupakan masalah yang lebih serius daripada flu biasa.

· Polip

Polip dengan ukuran besar bisa menyumbat saluran hidung. Ini bisa menyebabkan munculnya gejala polip seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa.

bayi

· Infeksi sinus

Sinus dipenuhi dengan lendir juga amandel dan adenoid membengkak sebagai respon imun. Hal ini dapat menyebabkan sumbatan hidung dan kemacetan yang tidak nyaman pada bayi Anda.

Untungnya berbagai macam pengobatan rumahan dapat Anda buat dengan aman untuk bayi Anda.

1. Humidifier kabut dingin

Kelembapan adalah agen yang bermanfaat yang dapat membantu membersihkan kemacetan di rongga hidung. Oleh karena itu, menciptakan suasana yang kaya kelembapan untuk bayi Anda akan sangat membantu.

Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan humidifier kabut dingin dan meletakkannya di kamar bayi. Sebagai alternatif, Anda juga dapat memilih untuk menyimpan seember air hangat di dalam ruangan saat bayi Anda tidur. Air hangat juga menguap untuk menghasilkan efek yang kurang lebih sama dengan humidifier.

2. ASI

Kaya akan antibodi dan nutrisi, ASI tidak hanya membantu memperkuat sistem kekebalan bayi, tetapi juga dapat membantu anak Anda dengan batuk dan pilek. Bayi tidak akan menempel pada Anda karena hidung tersumbat,maka dari itu teteskan ASI ke hidung bayi. Biarkan hingga 1 menit, lalu tegakan badan bayi agar lendir mengalir dengan sendirinya.

Ibu Menyusui

3. Aspirator

Aspirator hidung, pada kenyataannya, sangat cepat dan efektif, dan menggunakan metode hisap untuk menghisap lendir dari hidung berair. Tekan dan tahan bagian bulat, masukkan ujung aspirator ke hidung bayi, dan perlahan lepaskan bagian yang bulat. Ini akan menyedot lendir ke dalam aspirator.

4. Asap bawang putih

Bawang putih adalah pengobatan alami yang kuat untuk berbagai kondisi. Geprek beberapa siung bawang putih, dengan memasukan ke dalam air hangat, pangku bayi di atas paha Anda biarkan ia tengkurap. Lalu taruh baskom yang sudah terisi air hangat dan bawang berada di depan wajah bayi, agar uap bisa terhirup dengannya.

5. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat bisa sangat menenangkan bagi semua orang. Begitu juga halnya dengan bayi Anda., selama hidung tersumbat, mandi air hangat dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan dengan meringankan dada, hidung, dan juga menipis dan membersihkan lendir.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini