Share

Amankah Memberikan Catnip pada Kucing Kesayangan Anda?

Bagas Taruna , Jurnalis · Senin 26 November 2018 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 26 481 1982789 amankah-memberikan-catnip-pada-kucing-kesayanga-cewQ9Q0SPe.jpg Catnip untuk kucing, berbahayakah? (Foto: Mother Nature Network)

Bagi para pecinta kucing pasti sudah tak asing mendengar kata โ€œcatnipโ€. Tanaman semak yang tumbuh di Eurasia ini merupakan tumbuhan mint yang dapat menarik perhatian kucing. Efeknya sama seperti zat ekstasi pada manusia, yaitu menimbulkan kebahagiaan pada si kucing. Sebagai pemiliknya, kita pun senang melihat si manis kembali ceria dengan adanya tumbuhan ini. Namun, tidak semua kucing terpengaruh olehnya. Yang jantan akan lebih merasakan aroma dari catnip daripada si betina.

Baca juga: 10 Daftar Wanita Tercantik di Dunia 2018, Nomor 1 dari Asia Tenggara!

Dilansir dari Thenest pada Senin, (26/11/2018), ini dikarenakan oleh zat alami bernama nepetalactone yang terkandung di dalamnya dapat merubah tingkah laku si kucing. Durasinya berlangsung selama 10-30 menit dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Bila dicium atau bahkan dimakan, tenang saja, catnip memiliki khasiat seperti obat penenang yang mampu membuat si kucing tertidur.

Bila sedang bertemu dengan catnip, perilaku kucing akan terlihat seperti mengendus dan berputar di sekitarnya. Mereka akan menjilat dan mengunyah, lalu mendengkur serta mengeong keras. Sekilas, efeknya sama seperti ketika manusia yang tengah mencoba obat terlarang. Namun, dipastikan bahwa tanaman dengan nama latin Nepeta cataria ini aman bagi si kucing. Hanya saja, Anda perlu perhatikan dosis dari catnip itu sendiri. Potensi yang memungkinkan dari catnip yaitu timbulnya diare atau muntah bila kucing peliharaan Anda terlalu banyak mengonsumsi tumbuhan ini.

Nah, Anda pastinya perlu mengatur dosis dari pemberian catnip kepada si manis. Berkonsultasi kepada dokter hewan jika Anda tak yakin seberapa banyak catnip yang boleh diberikan kepadanya agar terhindar dari efek samping. Tumbuhan ini sebenarnya tidak membuat si kucing menjadi adiktif, malah bisa membuatnya menjadi imun karena sering sekali berhadapan dengan catnip. Cara terjitunya yaitu dengan menyimpan catnip dari kucing sekitar dua hari sebelum masuk ke mainan favoritnya. Teknik ini bisa menjadi kejutan kecil baginya.

Bagaimana dengan kucing anakan yang baru berusia sekitar 3 bulan? Berdasarkan penelitian, mereka tidak terpengaruh oleh catnip. Jika pun ternyata mereka tertarik, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk mainan. Bila Anda menyimpan catnip dalam ladang kebun, boleh saja. Si kucing pastinya akan menghampiri dan menikmati wanginya. Jangan berikan pestisida, agar tanaman tetap terjaga keamanannya bagi si kucing.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini