Tak Selalu Ribet, Ini 10 Cara Simpel untuk Menghilangkan Stres

Abdul Razak, Jurnalis · Senin 26 November 2018 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 26 481 1982839 tak-selalu-ribet-ini-10-cara-simpel-untuk-menghilangkan-stres-tGbKWpyvQp.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

STRES sangat sering terjadi ketika anda sedang menghadapi suatu masalah baik itu eksternal maupun internal. Masalah-masalah itu terus menekan anda sehingga membuat anda stres. Tanpa anda sadari bahwa stres tak terhindarkan dari kehidupan, tidak berarti anda harus mengabaikannya.

Dilansir dari Healtline, Hans Selye pertama kali mengindentifikasi dan mendokumentasikan stres. Gejala stres sudah ada jauh sebelum Selye melakukan hal tersebut, tetapi penemuannya menyebabkan penelitian baru yang telah mampu membantu jutaan orang mengatasi stes. Inilah cara terbaik untuk menghilangkan stres anda!

Mendengarkan Musik

Jika anda merasa diliputi oleh perasaan yang menekan anda, cobalah untuk beristirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan, dan tentunya musik yang anda sukai. Bermain musik juga membuat otak anda positif dan tentunya baik untuk tubuh anda.Semuanya itu dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres. Jadi cobalah untuk mendengarkan musik ya!

Bermain Bersama Teman

Saat anda merasa stres, maka cobalah untuk berinteraksi dengan seorang teman dan bicarakan masalah anda. Hubungan pertemanan yang baik dan orang terkasih sangat penting bagi gaya hidup sehat apapun, dan mereka sangat penting ketika anda berada dibawah tekanan stess yang tak berhenti. Dukungan dan suara yang menyankinkan diri anda dapat menghilangkan stres pada diri.

tertawa

Bicara Pada Diri Sendiri

Terkadang tidak semua masalah anda bisa diceritakan kepada teman, mungkin anda tidak bisa mengungkapkannya. Cobalah untuk berbicara pada diri anda sendiri, dan cobalah untuk mencintai diri anda sendiri mungkin itu menjadi pilihan yang baik bagi anda. Jangan khawatir karna kelihatan gila katakan saja yang ingin anda katakan, apa yang harus anda lakukan, bagaimana menyelesaikannya dengan baik, dan katakan pada diri anda semuanya akan baik-baik saja.

Makan Dengan Benar

Stres dan pola makan menjadi berkaitan, ketika stres anda sering lupa untuk makan dengan baik dan terpaksa memakan makanan yang bergula dan berlemak. Cobalah untuk menghindari makanan yang bergula. Buah dan sayuran menjadi pilihan yang baik, dan ikan dengan tingkat asam lemak omega-3 yang tinggi telah terbukti mengungari gejala stres.

Tertawalah

Tertawalah sepuasnya karna tertawa melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati, dan menurunkan kadar hormon penyebab stres. Tertawa mampu menipu sistem syaraf anda untuk membuat anda bahagia.

tertawa

Minum Teh

Dari pada kopi ataupun minuman energi,cobalah untuk meminum teh baik itu teh hijau atau teh apapun. Teh memiliki kurang dari setengah kafein pada kopi,dan mengandung antioksidan yang sehat, serta asam amino pada teh memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

Sadarlah

Sadarlah bahwa anda mempunyai stres yang amat berat cobala untuk pergi ke psikoterapi demi penyembuhan diri anda. Berubahlah menjadi hidup yang lebih efektif dan sadar apa yang telah kamu lakukan, cobalah untuk bangkit demi kesehatan diri anda, dan kesehatan mental anda sendiri.

Olaharga

Olahraga tidak selalu berarti mengangkat suatu yang berat di gym atau berlari seperti maraton. Berjalan kaki sebentar di sekitar kantor atau rumah anda untuk melakukan penyegaran, lakukan peregangan dan hirup la udara yang bebas dapat menawarkan anda situasi yang tenang. Dengan anda bergerak mampu melepaskan endorfin dan dapat memperbaiki suasana hati anda secara instan.

olahraga

Tidur

Semua orang tahu stres dapat menyebabkan anda kehilangan waktu untuk tidur. Sayangnya, kurang tidur juga merupakan penyebab utama stres. Tidak tidur membuat otak dan tubuh anda kelelahan dan semakin memperburuk kesehatan anda.Berusahalah untuk tidur, berikan lampu remang-remang pada kamar anda, dan berikan waktu bersantai sebelum anda tidur. Mungkin itu bisa membuat anda tertidur dengan nyaman.

Bernapaslah

Nasihat seperti’’Mengambil napas dalam-dalam’’ mungkin tampak biasa bagi anda, tetapi itu berlaku ketika stress menghampiri anda. Duduklah di kursi atur pernapasan anda dengan rileks dan nyaman. Tarik napas dan keluarkan perlahan lakukan itu sampai anda merasa tenang. Bernapas dalam-dalam membantu mengoksigenasi darah anda, untuk memusatkan tubuh anda, dan membersihkan pikiran anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini