nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Kebiasaan Buang Air Kecil yang Tak Wajar, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Abdul Razak, Jurnalis · Senin 26 November 2018 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 26 481 1983078 kenali-kebiasaan-buang-air-kecil-yang-tak-wajar-bisa-jadi-tanda-penyakit-serius-0zOfkCRjtX.jpg Ilustrasi buang air kecil (Foto: Snopes)

TERKADANG hal-hal yang Anda tidak ketahui tentang rutinitas yang sering Anda lakukan itu bisa menjadi sebuah tanda-tanda kesehatan diri sedang baik atau tidak.

Namun, jika Anda melihat adanya perubahan dalam kebiasaan diri Anda, seperti buang air kecil yang sering, atau buang air besar yang tidak teratur itu bisa menjadi tanda bahwa kondisi kesehatan diri sedang tidak baik. Dilansir dari GoodHousekeeping, inilah 5 Kebiasaan Toilet Anda Tentang Kesehatan Anda.

BACA JUGA:

Hari Guru Nasional, 5 Meme Kocak Ini Bikin Teringat ke Masa Sekolah

Waspadai jika urin sangat pekat

‘’Urin Anda secara alami lebih terkonsentrasi di pagi hari. Namun, kencing yang terus-menerus terkonsentrasi biasanya mengalami dehidrasi,’’ Jelas Dr Jarvis. Jika Anda minum cukup cairan tetapi masih mengalami urin pekat, itu bisa menjadi infeksi urin. Oleh karena itu Anda harus menemui dokter, agar dokter dapat meresepkan antibiotik.

Selalu bangun di malam hari untuk buang air kecil

Jika minum sebelum tidur (terutama diuretik,seperti alkohol atau kopi), Anda mungkin harus bangun untuk buang air kecil. Tetapi, jika Anda bangun untuk buang air kecil lebih dari dua kali semalam, itu bisa menjadi sesuatu yang lebih untuk Anda perhatikan. Gejala lain termasuk dorongan tak terkendali untuk buang air kecil di siang hari dan kehilangan kendali atas kandung kemih apabila tidak sampai ke toilet tepat waktu.

Dr Jarvis mengatakan,’’ Jika Anda menjadi sangat haus, dan perlu buang air kecil, termasuk di malam hari itu bisa menjadi tanda diabetes tipe 1 atau tipe 2. Atau jika gejala disertai rasa sakit atau terbakar. Semisal Anda teratur mengunjungi toilet pada malam hari, penting untuk berbicara dengan dokter tentang hal itu.

 

Rasa terbakar ketika kencing

Rasa terbakar merupakan tanda infeksi urin tetapi gejala lain, seperti buang air kecil terlalu sering, nyeri perut, dan demam itu juga bisanya ada infeksi pada tubuh.

Dr Javis juga mengatakan. ‘’ Jika Anda mengalami demam tinggi, merasa sangat tidak sehat atau mengalami sakit perut, itu bisa menjadi pertana infeksi ginjal yang lebih serius jadi selalu periksa diri Anda.’’

Jika kandung kemih bocor

Inkontinensia stres, bentuk paling umum dari kandung kemih bocor. Biasanya kandung kemih bocor saat Anda bersin, batuk,tertawa atau olahraga. Biasanya disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul, dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Kandung kemih sensitif lebih umum dari yang Anda kira 1 dari 3 wanita di atas 18 tahun sudah mengalami kandung kemih yang bocor.

BACA JUGA:

 7 Makanan yang Berbahaya untuk Anak, Hindari Sebelum Terlambat!

Urin yang berbau

Jika urin Anda menyebabkan bau busuk, itu mungkin karena Anda mengalami dehidrasi yang menyebabkan urin terkonsentrasi. NHS menyarankan minum sekitar 6-8 gelas cairan sehari untuk memperlancar proses kandung kemih Anda. Bila ada hal yang mengkhawatirkan tentang perubahan kebiasaan toilet lainya, Anda harus secepatnya berbicara dengan dokter dengan segera.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini