Share

Mengenal Xerostomia, Kondisi Mulut yang Berkaitan dengan Diabetes

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 00:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 26 481 1983195 mengenal-xerostomia-kondisi-mulut-yang-berkaitan-dengan-diabetes-wRl8XthtGj.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MULUT yang kering dapat memicu rasa haus sehingga ingin meminum sesuatu. Kondisi ini dikenal dengan istilah medis xerostomia yaitu kurangnya air liur yang menetap di dalam mulut. Biasanya mulut kering disebabkan oleh konsumi obat-obatan. Akan tetapi, mulut kering bisa menjadi pertanda kondisi yang serius.

Mulut kering dapat menyebabkan rasa haus berlebih yang dikenal dengan istilah polidipsia. Kondisi ini erat kaitannya dengan diabetes. Rasa haus biasanya muncul ketika seseorang terlalu banyak berbicara atau di waktu-waktu tertentu seperti siang hari. Namun ketika polidipsia terjadi terus-menerus, maka merupakan tanda dari kondisi serius.

 (Baca Juga: Sering Cuci Tangan Pakai Air Kobokan? Ini Fakta Harus Diketahui)

"Polidipsia adalah istilah yang diberikan untuk rasa haus yang berlebihan dan merupakan salah satu gejala awal diabetes. Ini juga biasanya disertai dengan kekeringan mulut sementara atau berkepanjangan,” tulis seorang ahli seperti yang dikutip Okezone dari Mirror, Senin (26/11/2018).

 Kondisi ini bisa dikategorikan sebagai rasa haus yang berlebihan. Sebab penyebabnya tidak diketahui padahal sudah minum banyak.

Ahli tersebut juga menyatakan bila rasa haus datang sepanjang waktu atau dahaga lebih kuat dari biasanya dan bahkan berlanjut setelah minum, maka itu bisa menjadi pertanda tubuh tidak baik-baik saja. Kondisi ini bisa dikategorikan sebagai rasa haus yang berlebihan. Sebab penyebabnya tidak diketahui padahal sudah minum banyak.

 (Baca Juga:Ini 9 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Tidur)

Rasa haus berlebihan merupakan tanda utama dari diabetes. Mengapa demikian? Diabetes terjadi karena pankreas tidak menciptakan cukup insulin atau tubuh tidak bereaksi terhadapnya. Kondisi ini membuat kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh bisa menjadi sangat tinggi yang mendatangkan rasa haus.

Orang dengan diabetes mungkin dapat mengecek kadar gula darah dengan alat khusus bila rasa haus terus menyerang. Namun pada orang yang belum atau tidak terkena diabetes mungkin dirinya akan merasa bingung. Untuk itu dibutuhkan bantuan dokter untuk memeriksa kadar gula darah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini