nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Komedo Membandel Bisa Muncul? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 06:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 26 611 1983112 kenapa-komedo-membandel-bisa-muncul-ini-penjelasan-ilmiahnya-LRW7cf5YU3.jpg Ilustrasi munculnya komedo (Foto: Yesvegetarian)

MUNCULNYA komedo membandel di wajah pasti jadi musuh perempuan. Tapi banyak orang tidak tahu bagaimana proses komedo itu muncul.

Setiap perempuan pasti mudah mengalami kemunculan komedo. Apalagi dihadapi perempuan yang beranjak remaja, sekaligus sudah terpapar make up.

Biar tidak penasaran, Ahli Kecantikan dari RS Evasari Jakarta membeberkan bagaimana komedo bisa muncul di wajah. Apalagi saat mendekati siklus haid, wajah pun jadi lebih kusam.

BACA JUGA:

 Video Anjing Isap Puting Majikannya, Netizen Malah Gagal Fokus

"Komedo itu kelenjar minyak yang dioroduksi dari sebum, lingkungan, make up, sampai pengelupasan kulit yang lambat," ujarnya saat ditemui Okezone di Jakarta Pusat, belum lama ini.

 

Namun jangan khawatir Ladies, menurut dr Matahari, kemunculan komedo tersebut dapat dicegah. Perawatan wajah sehari-hari penting diterapkan, khususnya perempuan dewasa yang sudah pernah terpapar make up.

Terlebih dalam waktu seminggu, pasti perempuan harus melakukan perawatan wajah eksfoliasi. Perawatan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, yang pasti bermanfaat.

"Pencegahan komedo caranya juga bisa membersihkan wajah rutin dengan double cleansing. Penggunaan pelembap penting, serta pakai perawatan kulit eksfoliasi sampai 2-3 kali seminggu," paparnya.

BACA JUGA:

 Hari Guru Nasional, 5 Meme Kocak Ini Bikin Teringat ke Masa Sekolah

Nah, pencegahan komedo yang biasa dilakukan kaum perempuan adalah dengan double cleansing. Setelah make up, wajah diusap dengan micellar water atau remover. Setelah itu baru cuci muka dengan facial foam. Menurut dr Matahari, langkah ini juga efektif cegah munculnya komedo supaya wajah tetap mulus, sekaligus kulit sehat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini